HomeJAWA TIMURPROBOLINGGODamkar Kabupaten Probolinggo Laksanakan Simulasi Ketangkasan Bersama Jawa Power YTL Jatim

Damkar Kabupaten Probolinggo Laksanakan Simulasi Ketangkasan Bersama Jawa Power YTL Jatim

Demo / Simulasi Atasi kebakaran oleh Tim Damkar Kabupaten Probolinggo dan PT YTL Jatim.

Probolinggo, suaramedianasional.co.id – Asap tebal berwarna kemerahan nampak mengepul di lantai tiga pada salah satu sisi gedung pada kantor Bupati Probolinggo, Selasa (19/03). Bunyi sirene tanda bahaya pun meraung – raung menandakan bahwa pusat perkantoran kebanggaan Kabupaten Probolinggo itu sedang dalam kondisi darurat kebakaran.
Dan benar saja, semenit kemudian mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) lengkap dengan personil, beserta mobil unit kesehatan pun sudah nampak berada di area ditengarai terjadinya kebakaran. Bunyi ledakan dari dalam gedung seakan menambah kesigapan seluruh personil untuk segera menempatkan diri pada posisi masing-masing.
Itulah suasana yang tergambarkan saat anggota Damkar Kabupaten Probolinggo sedang melaksanakan demo ketangkasan dan kemampuan skil profesionalisme bersama tim Fire & Rescue PT. Jawa Power YTL Jawa Timur.

Simulasi/ Demo ketangkasan dalam rangka ulang tahun Damkar ke – 100 ini disaksikan oleh Bupati Probolinggo, P Tantriana Sari, Sekretaris Daerah Soeparwiyono dan segenap pejabat dan karyawan karyawati di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Dalam simulasi berdurasi kurang lebih 20 menit itu menceritakan secara gamblang dan nyata bagaimana sepak terjang tim Damkar Kabupaten Probolinggo dalam penanganan kebakaran pada gedung bertingkat. Dimana tidak hanya dibutuhkan skill dan kecepatan dalam memadamkan api tetapi juga dibutuhkan skill khusus dalam penanganan rescue dan evakuasi korban pada beberapa kondisi dilapangan.
Tim terbagi menjadi dua yakni tim Fire Fighting & Rescue untuk bertugas memadamkan api sekaligus mengevakuasi korban yang relatif mudah dijangkau, dan Tim High Angle Rescue yang memiliki tugas tidak kalah beresiko. Tim kedua ini bertugas manakala ada korban yang masih terjebak di ketinggian dan harus di evakuasi dengan menggunakan Teknik Lowering System.
Teknik penyelamatan yang mengundang decak kagum penonton ini melibatkan enam personil terlatih dengan atribut khusus layaknya atlit panjat tebing. Dalam aksinya tim ini memanfaatkan dua tali carmantle dan Basket Stracher saat proses evakuasi korban dari lantai tiga sampai di titik aman. Kerja sama tim yang solid, ditunjang skill yang memadai membuat proses evakuasi ini terlihat begitu mudah.
Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengemukakan, melalui simulasi ini pihaknya ingin menunjukkan kepada semua bahwa kapasitas personil dan Prasarana Damkar Kabupaten Probolinggo telah siap menghadapi segala kemungkinan gawat darurat yang terjadi di Kabupaten Probolinggo.
“Secara kuantitas personil kami mungkin masih kurang, namun berkualitas dalam kemampuan penanganan kebakaran mulai tingkat dasar sampai tingkat lanjutan, seperti pertolongan dan penyelamatan pada ketinggian. Ini adalah wujud peningkatan kapasitas personil untuk mengantisipasi segala kemungkinan yg terjadi,” jelas Dwijoko saat memimpin jalannya demo ketangkasan.
Menyikapi masih banyaknya perusahaan – perusahaan di Kabupaten Probolinggo yang belum memiliki alat – alat Proteksi Kebakaran, pihaknya kedepan akan lebih concern untuk lebih mengintervensi lagi dalam hal pencegahan bahaya kebakaran ini.
“Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2012, bahwa alat – alat Proteksi Kebakaran ini wajib untuk dimiliki perusahaan – perusahaan. Selanjutnya petugasnya akan kita training Skill basic penanganan kebakaran, sehingga hal ini bisa meminimalisir terjadinya kebakaran. Jadi api belum besar mereka sudah bisa mengatasi,” tandasnya. (edy)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...