HomeBERITADampingi Gubernur Nyekar, Walikota Blitar Santoso Siap Kembangkan Potensi Makam Bung Karno

Dampingi Gubernur Nyekar, Walikota Blitar Santoso Siap Kembangkan Potensi Makam Bung Karno

Walikota Santoso mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ziarah ke Makam Bung Karno.

BLITAR, SMNNews.co.id – Walikota Blitar Santoso dan Wakil Walikota Tjutjuk Sunario mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berziarah di Makam Bung Karno, Kota Blitar, Rabu (3/3/2021) sore.

Kegiatan ziarah itu dilakukan Gubernur Jawa Timur Khofifah setelah menggelar serah terima jabatan kepala daerah di Blitar Raya. Pada saat itu hadir pula Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wakil Bupati Rahmat Santoso beserta para asisten Gubernur Jawa Timur ikut nyekar.

Gubernur Khofifah mengatakan sudah menjadi tradisi bila ke Blitar wajib mengunjungi Makam Bung Karno. Sebagai wujud hormat kepada pahlawan proklamator yang telah membebaskan bangsa dari belenggu penjajahan.

“Sesuai perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di Jawa Timur, Makam Bung Karno akan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional yang akan dikembangkan,” ungkap Khofifah.

Maka itu Khofifah berharap kepala daerah baik dari Kota atau Kabupaten Blitar mendukung pengembangan Makam Bung Karno. Untuk nantinya Makam Bung Karno bisa menjadi pusat sumber belajar nasionalisme dan pemikiran-pemikiran dari presiden pertama Republik Indonesia.

“Jadi hadirnya makam proklamator kemerdekaan RI Bung Karno disini saya berharap bisa menyiapkan semacam kawah Candradimukanya bagi pemimpin-pemimpin di negeri ini. Sehingga seluruh proses belajar kepemimpinan mulai nasionalisme dan membangun persatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia lengkap ada disini,” jelas gubernur.

Sementara Walikota Santoso siap untuk mengembangkan potensi dari Makam Bung Karno. Sebab Makam Bung Karno selain menjadi kebanggaan Kota Blitar juga menjadi kebanggaan dari warga Indonesia bahkan luar negeri.

“Bung Karno yang disemayamkan di Kota Blitar hingga kini harum namanya di Indonesia hingga di luar negeri. Karena pemikiran dan gagasannya pada 100 tahun lalu tetap relevan sampai sekarang,” kata Walikota Santoso. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...