HomeTNIDanpuspomad Kunjungi Pendopo Agung Trowulan disambut Danrem 082/CPYJ dan Forkopimda Mojokerto

Danpuspomad Kunjungi Pendopo Agung Trowulan disambut Danrem 082/CPYJ dan Forkopimda Mojokerto

Mojokerto, SMNNews.co.id- Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto, Dandenpom V/2 Mojokerto Letkol Inf Sucipto, Forkopimda Kabupaten Mojokerto dan Perwira Staf Korem 082/CPYJ menyambut kedatangan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) Letnan Jenderal TNI Chandra W Sukotjo, M.,Sc dan Istri beserta rombongan di Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto.
Sabtu (12/6/2021)

Kedatangan orang nomor satu di Korp Polisi Militer Angkatan Darat tersebut, dalam rangka kunjungan kerja sekaligus napak tilas sebagai bagian dari rangkaian HUT ke -75 Polisi Militer Angkatan Darat. Kawasan Trowulan diyakini banyak pihak sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit sehingga banyak situs-situs peninggalan Majapahit yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pangadam V/Brw dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam V/Brw Brigjen TNI Agus Seriawan, SE mengatakan, ucapan permohonan maaf dari Pangdam V/Brw yang tidak bisa hadir karena sedang mendampingi Panglima TNI di Bangkalan.
Pendopo Agung Trowulan merupakan Aset Kodam V/Brw yang dalam penangannya diserahkan kepada Danrem 082/CPYJ. Disini banyak menyimpan benda-benda purbakala serta sejarah kebesaran kerajaan Majapahit, salah satunya tempat diikrarkannya Sumpah Amukti Palapa oleh Patih Gajah Mada.

Sementara itu Danpuspomad Letjen TNI Chandara W Sukotjo, M.,Sc menyampaikan bahwa “Kami ucapkan terima kasih kepada Pangdam V/Brw dan juga kepada Danrem 082/CPYJ yang telah membantu dan memfasilitasi kegiatan Napak Tilas ini, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan dalam rangka HUT POMAD ke -75, pemilihan Pendopo Agung Trowulan menjadi pilihan tempat Napak Tilas dengan tujuan untuk menggali nilai-nilai kebesaran Kerajaan Majapahit dengan Maha Patih Gajah Mada yang mana mampu mempersatukan Nusantara ,” ujar jenderal bintang tiga.

Komandan Korem 082/CPYJ mengatakan bahwa, Pendopo Agung Trowulan berada di area seluas 2 hektar yang terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Pemilihan Pendopo Agung Trowulan sebagai lokasi Napak Tilas dalam rangka HUT ke 75 POMAD adalah hal yang tepat karena di tempat ini diyakini sebagai tempat diikrarkannya Sumpah Amukti Palapa oleh Maha Patih Gajah Mada dan kita ketahui bahwa Gajah Mada sebagai Maskot POMAD “jelas Danrem.

Pendopo Agung Trowulan merupakan aset Kodam V/Brw yang dalam pengelolaannya menjadi tanggung jawab Korem 082/CPYJ.

Pendopo Agung Trowulan didirikan pada dekade 1960 – 1970 atas prakasa Pangdam V/Brw pada waktu itu, yang kemudian direalisasikan oleh Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Sampoerno (Alm),”

Kegiatan di Pendopo Agung Trowulan di awali dengan penandatanganan Prasati Patung Gajah Mada, peninjauan Puser Bumi, Makam Panggung dan Penanaman pohon. Setelah melaksanakan kegiatan di Pendopo Agung Trowulan, dilanjutkan peresmian Mushola, pembagian sembako dan kegiatan wisata edukasi ke tempat-tempat candi yang berada di kawasan Trowulan.

Ikut dalam rombongan Danpuspomad, Letnan Jenderal TNI (Purn) Dodik Wijanarko, S.H.,C.Fr.A, Danpuspom TNI Mayjen TNI Edy Rate Muis, Wadan Puspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto, Dan PMPP Mayjen TNI Viktor H Simatupang., M.Bus, Kolonel Purn Edi Pattinasarane dan para Dandenpom jajaran Pomdam V/Brawijaya. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...