HomeBERITADanrem 042/Gapu Resmikan Dua Koramil Baru di Kabupaten Kerinci

Danrem 042/Gapu Resmikan Dua Koramil Baru di Kabupaten Kerinci

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono saat meresmikan dua Koramil Baru di Wilayah Kerinci yaitu Koramil 417-07/Kayu Aro dan Koramil 417-08/Batang Merangin Kodim 0417/Kerinci

PALEMBANG, SMNNews.co.id – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M., meresmikan dua Koramil Baru di Wilayah Kerinci yaitu Koramil 417-07/Kayu Aro dan Koramil 417-08/Batang Merangin Kodim 0417/Kerinci, bertempat di Makoramil 417-08/Batang Merangin, Desa Batang Merangin Kec. Batang Merangin Kab. Kerinci, Prov Jambi. Sabtu, (5/11/2022).

Acara dimulai dengan penyambutan Danrem 042/Gapu beserta rombongan dengan tari-tarian adat oleh masyarakat adat setempat sampai memasuki tempat upacara, dilanjutkan dengan upacara peresmian yang dipimpin langsung oleh Danrem.

Dalam sambutannya, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono mengatakan bahwa, Pembangunan Koramil 417-07/Kayu Aro dan Koramil 417-08/Batang Merangin didasari oleh UU No.34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 8 yang menyatakan, Tugas Pokok TNI diantaranya melaksanakan pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat dalam rangka pemberdayaan wilayah darat.

Baca Juga : Danrem 042/Gapu dan Kapolda Jambi Panen Cabai

“Atas nama TNI Angkatan Darat, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemda Kabupaten Kerinci, pihak ketiga dalam hal ini PT. Kerinci Merangin Hidro (KMH) dan masyarakat yang telah mendukung terbangunnya Koramil 417-07/Kayu Aro dan Koramil 417-08/Batang Merangin,” kata Danrem.

Selanjutnya, dengan berdirinya Koramil 417-07/Kayu Aro dan Koramil 417-08/Batang Merangin, ini menjadi salah satu indikator keeratan hubungan antara TNI dan Rakyat.

“Ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pemerintah Daerah, Pihak Ketiga dan masyarakat, terhadap pentingnya pembangunan kekuatan Pertahanan Nasional baik dari pusat hingga diwilayah, sebagai bagian tak terpisahkan dari pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Danrem berharap dengan berdirinya Koramil 417-07/Kayu Aro dan Koramil 417-08/Batang Merangin, bisa menjadi garda terdepan didalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab TNI khususnya di TNI-AD.

“Saya ingin setiap Babinsa dan para Aparat Koramil yang bertugas, senantiasa menjadi solusi setiap kesulitan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem juga menyampaikan bahwa TNI AD melalui Bapak Kasad telah mengeluarkan program unggulan antara lain, Ketahanan Pangan, Kampung Pancasila, Pengentasan Stunting, Manunggal Air dan Babinsa Masuk Dapur.

Brigjen TNI Supriono juga berpesan kepada anggota semua, agar memanfaatkan dan merawat dengan baik sarana tersebut serta peduli terhadap fasilitas yang ada sehingga semuanya terpelihara dengan baik.

“Berikan kontribusi yang maksimal bagi peningkatan kinerja Kodim 0417/Kerinci dalam menyiapkan kekuatan pertahanan wilayah dan siap siaga dalam mengantisipasi bencana yang dapat terjadi kapan saja, serta membantu Pemerintah Daerah dalam rangka melaksanakan pembangunan Nasional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Danrem.

Di tempat yang sama, Bupati Kerinci Dr. Drs. H. Adirozal, M.Si, mengatakan, dengan bertambahnya 2 Koramil di wilayah Kabupaten Kerinci ini diharapkan semakin membantu tugas pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan 2 Koramil ini, kata Bupati, sudah lama diharapkan karena 2 Koramil tersebut berada diatas wilayah Kabupaten. Koramil Kayu Aro meliputi 3 Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat sedangkan Koramil Batang Merangin meliputi 2 Kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Merangin.

Baca Juga : Pembentukan Kampung Pancasila Disambut Antusias Masyarakat Sumbagsel

Ia juga berjanji dalam waktu dekat akan merehab bangunan kantor Koramil 417-07/Kayu Aro yang bangunannya masih bangunan lama bekas Pos Koramil Kayu Aro.

Tidak ketinggalan, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak PT. KMH yang telah menghibahkan tanah dan membangun kantor Koramil Batang Merangin.

Selain Bupati Kerinci Dr. Drs. H. Adirozal, M.Si., beserta Forkompinda Kab. Kerinci, hadir juga Kasrem 042/Gapu dan para Kasi Kasrem 042/Gapu, Dandim Jajaran Korem 042/Gapu, para Camat, Pimpinan PT. Kerinci Merangin Hidro dan para Depati serta Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya. (jhoni)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...