Dapat Penilaian Lebih, Polres Lamongan Siap Meraih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB, Prof. DR. Diah Natalisa , MBA saat melihat pelayanan masyarakat.

Lamongan, suaramedianasional.co.id – Sebagai bentuk komitmen keterbukaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, beberapa fasilitas dan inovasi Polres Lamongan akan terus dikembangkan. Selain itu, para anggota polisi juga harus semangat untuk mengubah karakter dalam memberikan pelayanan kepada publik.

Guna membangun citra polri yang lebih promoter dan terbuka kepada masyarakat Polres Lamongan bertekat membangun zona integritas bersama sama hingga meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, kalau sebelumnya Polres Lamongan sudah ada Soto Lamongan atau Sistem Operasional Terpadu Online. Maka Polres Lamongan akan mengembangkan aplikasi ini lebih lengkap lagi. Beragam aplikasi yang disiapkan tersebut diantaranya membuat aplikasi smart babin, smart kinerja, smart CJS.

“Smart CJS ini adalah sinergitas antara 4 lembaga, yaitu Lapas, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Polri untuk mempermudah proses penyidikan, komunikasi dan koordinasi antar lembaga,” terang Feby.

Menurut Feby, semua upaya tersebut memang dilakukan untuk peningkatan pelayanan publik.
Feby akan lebih mensosialisasikan pada masyarakat Lamongan tentang layanan Soto Lamongan yang diperluas tersebut, yaitu Soto LA Smart.

“Jadi perlu sosialisasi lebih banyak lagi untuk dikenal oleh masyarakat, mudah-mudahan dengan sosialisasi yang baik maka akan lebih banyak yang mengenal, sehingga mereka semakin penasaran dan semakin mudah untuk menggunakan aplikasi tersebut,” ungkapnya.

Lebih jauh, Feby mengatakan, menyambut bulan kemerdekaan ini Polres Lamongan juga menyemarakkannya dengan sejumlah inovasi diantaranya, di setiap pelayanan yang ada di Polres Lamongan menggunakan pakaian-pakaian khas yang bernuansa kemerdekaan, seperti merah putih, atau menunjukkan simbol-simbol kebangsaan.

“Kita juga melantunkan lagu-lagu kebangsaan di lokasi pelayanan pada masyarakat untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa negara kita sebentar lagi akan ulang tahun ke 74. Kita gugah jiwa patriotismenya, kebangsaannya, jiwa cinta NKRI-nya,” ungkap Feby.

Menurutnya, pojok selfie bernuansa kemerdekaan untuk masyarakat yang datang ke Polres Lamomgan dengan maksud yang sama, yaitu menggugah jiwa aa kebangsaan dan patriotisme masyarakat.
Beragam inovasi baru dan terobosan yang dilakukan ini. Lantaran Polres Lamongan bertekad bisa meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Apa yang kami lakukan selama ini akan kami kembangkan lagi dan kita siap untuk meraih WBBM,” ungkap Feby.

Sementara beragam upaya terus dilakukan Polres Lamongan untuk membentuk komitmen keterbukaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Akhirnya membuahkan hasil gemilang dan memuaskan. Polres Lamongan mendapatkan penilaian lebih dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB, Prof. DR. Diah Natalisa , MBA saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Lamongan,  Senin (05/08) sore.

Kunjungannya ke Polres Lamongan Ini adalah kegiatan rutin biasa untuk melihat layanan publik yang ada di beberapa daerah, termasuk Polres Lamongan. Beberapa tahun lalu ia pernah berkunjung ke Polres Lamongan.

Selama berkunjung ke Polres Lamongan, Diah Natalisa melihat secara langsung kondisi terkini berbagai ruang pelayanan yang ada di Polres Lamongan. Sejumlah ruang, baik itu di ruang Comand center, maupun di ruang pelayanan di ruang Satlantas Lamongan, dan ruang lain juga tak luput dari perhatian Diah.

Usai melihat inovasi dan fasilitas di Polres Lamongan, Diah optimis Polres Lamongan bisa mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
“Sekarang ini saya lihat ada kemajuan yang sangat signifikan Bagus sekali, ruangannya lebih luas, fasilitas IT nya Bagus,  ada kantin dan ruang terbuka di belakang, ” kata Diah

Menurutnya beragam fasilitas dan inovasi terus dikembangkan Polres Lamongan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ia juga menila ada inovasi kekinian (pojok selfie bersifat kemerdekaan, red) yang disajikan Polres Lamonganpada momen HUT RI ke 74.

“Banyak inovasi bagus yang semuanya untuk memberikan pelayanan kepasa masyarakat. Berharap ini tidak hanya membuat puas masyarakat sebagai pengguna layanan. Tapi juga membuat internal kepolisian merasa nyaman dengan ruangan yang lebih bagus,” harapnya. (prap)