HomeBERITADBD Meluas Satu Meninggal Bahkan RSUD Trenggalek Over Kapasitas

DBD Meluas Satu Meninggal Bahkan RSUD Trenggalek Over Kapasitas

Ruangan isolasi RSUD untuk pemderita DBD

TRENGGALEK, SMNNews.co.id – Musim pancaroba atau pergantian musim bahkan menjadi daerah endemik demam berdarah dengue menjadikan wabah penyakit demam berdarah dengue di Trenggalek mulai meluas. Karena membludaknya pasien, RSUD dr. Soedomo menjadi over kapasitas. 

Tercatat mulai awal tahun hingga Kamis (13/2), ada sebanyak 54 pasien positif terjangkit virus yang disebabkan nyamuk aedes aegypti. Satu pasien anak berusia 4 tahun dilaporkan meninggal. Pasien yang meninggal itu adalah pasien rujukan puskesmas.

Dokter Spesialis Anak, Endah Setyarini menjelaskan bahwa di awal tahun ini ada satu pasien fatal hingga meninggal. Pasien tersebut baru berusia 4 tahun. Ia meninggal setelah sempat menjalani perawatan semalan di rumah sakit. 

“Karena pasien datang terlambat, bahkan datang di IGD sudah mengalami kejang-kejang dengan demam tinggi,” ungkapnya, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, kasus serupa pernah terjadi dua tahun silam. Karena pasien yang meninggal itu masuk kategori kasus langka. Dia masuk kriteria DB yang unclassified, sudah masuk DB dengan gangguan organ. Sudah ke otak, dia kejang, kemudian penurunan kesadaran, setelah itu mengalami gangguan DIC. Ini kasus yang termasuk langka. Tingginya kasus demam berdarah pada awal tahun ini menjadi yang terparah sejak 3 tahun terakhir. 

“Kondisi ini diduga dipengaruhi faktor cuaca yang tidak menentu,” tuturnya.

Endah menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan meningkatkan kebersihan lingkungan. Kondisi saat ini, sama dengan 3 tahun yang lalu. Tercatat sebanyak 32 anak hingga saat ini terimbas penyakit demam berdarah, totalnya 54 pasien dewasa dan anak. Akibatnya terjadi over kapasitas ruangan. Pihak rumah sakit harus menambah sekitar enam tempat tidur perawatan. 

Selain itu Sudjiono bagian Humas RSUD dr. Soedomo Trenggalek mengatakan bahwa, ada tambahan bad, agar pasien tetap terlayani dengan total saat ini ada 54 pasien. Seluruh pasien yang di rawat tersebut merupakan pasien rujukan dari puskesmas. Mayoritas berusia SD hingga SMP. 

“Kondisi ini sering terjadi di awal tahun mengingat Trenggalek masuk daerah endemik demam berdarah dengue,” terangnya. (Rud)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....