HomeJAWA TIMURSIDOARJODesa Tebel Barat Sebagai Desa Percontohan Kampung Literasi

Desa Tebel Barat Sebagai Desa Percontohan Kampung Literasi

Arumi Emil Dardak Ketua TP PKK Jawa Timur di dampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Ida Nur Ahmad Syaifuddin.
Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Desa Tebel Barat yang berada di Kecamatan Gedangan, adalah salah satu kampung literasi di Kabupaten Sidoarjo. Dalam acara” Bendo festival Tapak Kali”yang di gelar, Selasa (23/04) pagi di pinggir sungai Bendo yang berada di wilayah desa Tebel barat kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Kampung yang bersih dan rapi karena seluruh gang kecil dihiasi dengan pernak pernik literasi serta di lukisan dengan berbagai macam gambar. Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan talkshow dengan narasumber Arumi Emil Dardak Ketua TP PKK Jawa Timur, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Ida Nur Ahmad Syaifuddin dan juga artis ibu kota Olga Lidya.
Kegiatan ini sangat spesial karena di buka oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin. Ia menjelaskan bahwa ini merupakan murni kegiatan dari masyarakat. Kegiatan ini dimanajemen sedemikian rupa sehingga masyarakat bisa mengekspresikan potensi yang ada di desanya.
Kemajuan suatu daerah tidak bisa dipisahkan dengan buku bacaan, perpustakaan, karena buku adalah jendela Dunia.” Makin banyak kita membaca, makin banyak ilmu yang kita miliki, maka kesempatan untuk berekspresi memajukan potensi yang ada makin banyak peluang,” jelas Cak Nur (sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo).
Walaupun lokasi kegiatannya di pinggir sungai, namun tempatnya tertata dengan rapi, dengan sungai yang bersih. Antusiasme masyarakat yang mengenakan baju nasional dan  internasional penuh warna dan swadaya masyarakat dalam mewujudkan Desa Literasi yang sangat menarik perhatian  Arumi.
Desa Tebel ini salah satu investasi yang sangat luar biasa, karena menggerakkan masyarakat dan masyarakatnya mau bergerak, warganya mandiri dan punya inisiatif sendiri untuk membentuk desanya menjadi kampung literasi. (try)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pasca Pelaksanaan Operasi Ketupat, Polresta Cirebon Gelar Halal Bihalal

CIREBON, SMNNews.co.id - Pasca pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2024 pengamanan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polresta Cirebon menggelar acara Halal Bihalal di...

Wali Kota Pasuruan Resmikan Gedung PLUT-KUMKM

PASURUAN, SMNNews.co.id - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, meresmikan gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Kota Pasuruan, pada Rabu (17/4/24) pagi. Peresmian tersebut dihadiri oleh...

Sebagai Momentum Kebersamaan, Polres Blitar Gelar Halal Bihalal

BLITAR, SMNNews.co.id - Setelah melaksanakan apel pagi, Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria menggelar kegiatan Halal Bihalal atau Silahturahmi dengan personil Polres Blitar yang berlangsung...