HomeBERITADewan Minta Dinas Terkait Ambil Langkah Cepat Dalam Pemulangan Warga Trenggalek Dari...

Dewan Minta Dinas Terkait Ambil Langkah Cepat Dalam Pemulangan Warga Trenggalek Dari Dampak Kerusuhan di Papua

Mugianto Ketua Komisi 4 DPRD Trenggalek

Trenggalek, SMNnews.co.id – Pemerintah Kabupaten Trenggalek nampaknya harus segera mengambil langkah dan sikap untuk memulangkan masyarakatnya yang menjadi korban dari dampak kerusuhan di Papua. Pasalnya para warga disana sudah sudah kebingungan atas kerusuhan tersebut. Proses tersebut selain harus menunggu rekomendasi sebenarnya juga harus melalui gagasan lain, dikarenakan proses pemesanan tiket yang juga berebut dengan daerah lain. 
Mugianto Ketua Komisi 4 DPRD Trenggalek mengatakan, proses pemulangan harus segera diselesaikan, karena pengungsi di sana sudah pada bingung. Jika anggaran untuk proses pemulangan pengungsi di Wamena, Papua, sudah ada. Dengan anggaran itu, seharusnya dinas terkait sudah harus bisa segera memproses kepulangan mereka. Karena kalau terlalu lama, pengurusan tiket jalur udara dan laut itu semakin susah. Karena para pengungsi sudah saling berebut tiket pulang. 
“Jika memang muncul kendala rekomendasi dari Bupati. Hal itu seharusnya tidak menghambat proses pembookingan tiket pengungsi. Sebab, hal itu bisa diantisipasi dengan data pengungsi sementara,” ungkapnya, Minggu (6/10/2019) 
Menurut Mugianto, ada pengungsi yang bisa pulang sendiri, dan ada yang tidak bisa lantaran sudah tidak punya apa-apa. Jika menilik kondisi tersebut, pengungsi yang tidak bisa pulang itu yang perlu diperhatikan. Karena pengungsi yang bisa pulang sendiri mudah perlakuannya, karena biaya kepulangan bisa diganti. Namun, jika pengungsi yang tidak bisa pulang sendiri itu butuh bantuan untuk segera memproses kepulangannya. 
“Kalau soal rekomendasi dari Bupati itu bisa menyusul, yang penting booking tiketnya dulu. Karena pengungsi yang berada di daerah konflik itu tidak hanya orang Trenggalek,” tuturnya 
Ketua Komisi 4 itupun menjelaskan bahwa, kabupaten lain pun juga mengupayakan warganya bisa kembali ke tanah kelahirannya. Alhasil berebut tiket untuk pulang itu sudah pasti, namun jika terlalu lama mengurus tiket maka pulangnya juga semakin lama. Ia juga menanyakan jika di kabupaten lain pun sudah mulai memulangkan warganya, tapi mengapa disini belum. Dalam permasalahan inj ia berharap, proses pemulangan pengungsi harus cepat dilakukan. Mengingat kondisi mayoritas pengungsi di sana mengalami traumatis akibat konflik tersebut. 
“Jika memang Bupati sudah memberikan perintah, maka seharusnya teknis pemulangan harus segera diselesaikan,” pungkasnya (rudi)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...