HomeBERITADi Blitar, Ganjar Pranowo Dorong Calon Bupati Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Di Blitar, Ganjar Pranowo Dorong Calon Bupati Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Ganjar Pranowo bersama Cabup Blitar Rijanto (kiri) dan Cawabup Marhaenis UW (kanan) dan pengurus DPC PDIP Kabupaten Blitar.

BLITAR, SMNNews.co.id – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menggelar ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar pada Sabtu (7/11/2020) kemarin. Usai ziarah ia menyempatkan berbincang dengan kader PDIP Kabupaten Blitar.

Ganjar mengajak para kader dan calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar dari PDIP Rijanto-Marhaenis (RIDO) untuk berfokus pada penanganan dampak Pandemi Covid-19. Dengan membuat terobosan-terobosan yang bisa secara nyata menumbuhkan kembali ekonomi masyarakat.

Dan pegiat UMKM harus mendapat perhatian khusus karena sektor inilah yang paling megap-megap. Dengan memberdayakan dalam pemasarannya dan dibantu permodalannya.

“Misal ekonomi kini harus kreatif, orang jualan konvensional harus pindah ke digital kalau tidak bisa dilatih, kalau akses modalnya kurang bisa dibantu,” kata Ganjar.

Sepaham dengan Ganjar, Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar Marhaenis Urip Widodo selalu mengajak jajaran kader banteng Blitar mendekat ke rakyat kecil. Dan UMKM adalah salah satu yang harus diselamatkan karena mereka adalah penopang utama ekonomi masyarakat.

“Kader selalu kita ajak untuk membeli produk UMKM asli Blitar. Misal ketika cari sarapan lebih baik ke warung pecel jangan ke restoran mewah. Disitu kita bisa mendengar keluhan dari wong cilik,” kata Marhaenis.

Ditempat yang sama Calon Bupati Blitar Rijanto sependapat bahwa membangun ekonomi masyarakat adalah dari bawah. Dimulai dengan mengembangkan UMKM dan menumbuhkan usaha baru di kalangan anak muda atau kaum milenial.

Sebagaimana program yang dia bawa, diantaranya Wis Anyar (menciptakan 1000 wirausaha baru dan startup digital), Sing Solutif (one village one brand), Kang Dimar (pembinaan pemasaran UMKM berbasis digital), Bineka (pemberian pelatihan dan pendampingan pelaku usaha ekonomi kreatif) dan kampong digital (1 Desa 1 pojok digital).

“Kedepan kita akan tumbuhkan ekonomi kreatif. Terutama dengan kaum milenial kita ajak gali potensi-potensi daerah membuka peluang usaha baru, merintis usaha baru yang berbasis digital atau start-up,” terang calon bupati nomor urut 1 ini. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...