HomeBERITADiduga Bantuan Ternak Sapi Digelapkan, Anggota Poktan Tani Makmur Mempertanyakan

Diduga Bantuan Ternak Sapi Digelapkan, Anggota Poktan Tani Makmur Mempertanyakan

Bantuan Ternak sapi yang di duga milik anak dan saudara Ketua Poktan Tani Makmur.

Lamongan, SMNNews.co.id – Masyarakat Dusun Cancing Desa Sendang Rejo  Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan), Tani Makmur mempertanyakan sejumlah bantuan yang di salurkan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Lamongan.
Dimana bantuan anggaran hibah sebesar 150 yang diterima sejak tahun 20118 lalu  di peruntukan ternak sapi dan untuk Pengelolaan Pupuk Organik.  Dan  peralatan pertanian berupa  Handtraktor Rotary serta Kendaran roda tiga diduga digelapkan oleh Ketua Kelompok Pertanian (Poktan) Tani Makmur PY. 

Sekertaris Kelompok Tani (Poktan) Tani Makmur IM menuturkan, program- program bantuan pemerintah yang semestinya di pergunakan sebaik –  baiknya untuk  masyrakat kecil. Namun bantuan ternak sapi untuk pengelolaan  pupuk organik yang diterima Kelompok Tani Makmur  semestinya di karjakan bersama sama bukan untuk  untuk kepentingan pribadi dan keluarganya.

“Masak pengurus dan anggota tidak di kasih. Terus sapi yang ada d kandang itu sapi titipan dari saudara dan anaknya ( Ketua Kelompok Tani Makmur PY). Menurutnya  waktu nanti ada ceek cekan dari dinas terkait  bisa dilihat sapi masih utuh. Padahal itu titipan dan pengolahan pupuk dari kotaran ternak juga tidak jalan,” ungkapnya.

Sementara itu menyikapi persoalan seperti apa yang telah disampaikan oleh masyarakat diatas.  Ketua  LSM, KPK Tipikor Lamongan Suliono,  mendesak agar Dinas terkait dapat secepatnya bertindak untuk mengusut.‎ Karena menurutnya, terhadap pembagian ternak sapi tersebut merupakan hak dari anggota kelompok.

“Kita takutkan disini diduga dalam penyalurannya tidak tepat sasaran. Malah terhadap bantuan tersebut hanya dikuasai oleh oknum diluar anggota kelompok,” tuturnya.

Selanjutnya Ia juga menyarankan agar pihak Dinas Pertanian  dapat melakukan audit. Sehingga katanya agar persoalan dapat terang benderang. (aza)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...