HomeJAWA TIMURGRESIKDiduga Berusia 113 Tahun Hydrant Berangka di Temukan Arkeolog di Bandar Grisse...

Diduga Berusia 113 Tahun Hydrant Berangka di Temukan Arkeolog di Bandar Grisse !

Cagar Budaya : Tim ahli penataan kota lama menemukan Hydrant berusia 113 tahun di area proyek Bandar Grisse.(Sumber foto : Radar gresik)

GRESIK, SMNNews.co.id – Tim arkeolog yang menata kawasan Kota Lama terkejut menemukan hidran kebakaran di area proyek. Sebuah hidran kebakaran tahun 1909 tersambar alat berat saat pembukaan Jalan Basuki Rahmat. Secara khusus, itu di depan kompleks pertokoan yang baru dirancang.

Baca Juga : 5 Wisata Sejarah di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi! Untuk Menambah Wawasan Sejarah

Kristiawan, tim ahli proyek pengembangan Gresik Kota Lama atau Bandar Grisse, mengatakan penemuan itu merupakan yang pertama di awal proyek. Menurutnya, hidran kebakaran yang ditemukan, dibuat tahun 1909 menunjukkan pentingnya sistem pencegahan kebakaran pada saat itu. “Besok (hari ini, redaksi), kami akan melakukan Eskavasi untuk memeriksa struktur pipa itu,” kata Christian Wang singkat. Dikutip dari Radar Gresik.

Ida Lailatusa’diyah, Kepala Dinas Cipta karya Perumahan dan Kawasan Permukiman(DCKPKP) Pemerintah Kabupaten Gresik membenarkan temuan Tim Perencanaan Kota Lama tentang hidran kebakaran kuno. Ida menegaskan pihaknya akan melakukan justifikasi teknis untuk sumur dan hidran setelah adanya temuan tersebut.

“Saya berharap temuan ini dapat dipamerkan sebagai salah satu benda cagar budaya guna meningkatkan nilai pariwisatanya,” kata Ida.

Baca Juga : Mengenal Situs Makam Kuno di Prambon Nganjuk

Sementara itu, Kepala Pemadam Kebakaran Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengaku belum mendapatkan informasi lengkap mengenai hidran yang ditemukan di kawasan kota Lama tersebut. Karena itu, Sinaga berencana ke lokasi untuk melihat apakah hidran masih berfungsi.

“Besok akan kita cek ke lapangan bentuk strukturnya seperti apa. Jika masih utuh jaringan (perpipaan) tentu ini hanya tinggal revitalisasi agar benar-benar dapat difungsikan,” kata Sinaga. (red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Ini Pesan Wabup Madiun! Saat Melantik Pengurus Kwarran Kecamatan Kare

MADIUN, SMNNews.co.id - Selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun, Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto melantik pengurus Kwarran Kecamatan Kare Periode 2022-2025 di...

Sebagai Bentuk Kepedulian! Kapolres Madiun Bagikan Ratusan Alquran ke Masjid dan Ponpes

MADIUN, SMNNews.co.id - Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo membagikan 250 Alquran ke beberapa Masjid, Mushala dan Pondok pesantren yang ada di Kabupaten Madiun, Senin...

Mas Bupati Mantu 134 Pasutri, Satukan Manula yang CLBK

NGAWI, SMNNews.co.id - Sesendok nasi kuning disuapkan Ahmad Sukar ke mulut istrinya, Darinem. Pasangan berusia lebih dari 60 tahun itu saling pandang dan menebar...