HomeBERITADi Masa Pandemi Perpustakaan Kota Blitar Pinjamkan Buku Cukup Via HP

Di Masa Pandemi Perpustakaan Kota Blitar Pinjamkan Buku Cukup Via HP

Pjs Walikota Blitar Djumadi menyematkan pin Bung Karno sebagai kenang-kenangan pada tim juri di visitasi KBK.

BLITAR, SMNNews.co.id – Pjs Walikota Blitar Djumadi mendampingi tim visitasi Kelompok Budaya Kerja (KBK) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Blitar, Rabu (21/10/2020). Dinas yang divisitasi ini memaparkan inovasi pelayanan masyarakatnya untuk dinilai dan dilombakan dengan dinas lain di Jawa Timur.

Djumadi mengatakan dengan kunjungan menjadi indikasi tercapainya reformasi birokrasi untuk kompetensi KBK yang diikuti Disperpusip Kota Blitar. Dan tentunya patut dibanggakan karena ada dinas di Kota Blitar yang memiliki inovasi yang maju setara dengan kota-kota besar lain di Jawa Timur.

“Ini adalah apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Setelah kita kirim risalah inovasi kita, kini pemprov ingin melihat langsung seperti apa sih korelasinya antara administrasi yang kita kirim dan yang terjadi fisiknya di kantor ini,” ujarnya.

Menurut Djumadi, kunci memenangkan lomba KBK adalah mencari terobosan di tengah kesulitan yang ada. Seperti dilakukan Disperpusip yang membuat sistem pinjam buku secara online bisa mempermudah para pelajar dan peneliti di Kota Blitar tetap bisa selalu membaca buku.

Pjs Walikota Blitar Djumadi foto bersama tim juri dan pegawai Dinas Perpus Kota Blitar.

“Jadi ditengah kesulitan ada kemudahan dirasakan masyarakat. Teman-teman dinas perpustakaan ini bisa menyediakan layanan masyarakat tetap berjalan ditengah pandemi ini adalah yang terpenting,” terang pejabat ramah ini.

Djumadi berharap ada dinas-dinas lain di Kota Blitar menyusul membuat inovasi layanan masyarakat. Menurutnya itu bukanlah hal yang sulit mengingat Kota Blitar telah berprestasi mulai dari Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) predikat sangat tinggi dan menyandang Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Harapnya ada replikasi OPD lain semisal dinas kesehatan, rumah sakit, penanaman modal. Pelayanan masyarakat semakin mudah seperti kita lihat hari ini di dinas perpustakaan dengan inovasinya Blitar Master membuat orang disabilitas terbantu dalam testimoninya,” harapnya.

Sementara Kepala Disperpusip Kota Blitar, Muchson mengatakan prestasi ini berkat kerjasama kompak antar pegawai. Sehingga dinas yang dipimpinnya mampu mewakili Kota Blitar dalam lomba inovasi layanan.

“Sementara ini dari tiga dinas yang disetorkan ke provinsi kebetulan kita yang mewakili. Semoga nanti bisa mendapatkan nilai yang bagus dari dewan juri,” ujarnya.

Mendampingi Kepala Dinas Disperpusip Kota Blitar, Kepala Bidang Perpustakaan Roni Yoza Pasalbessy menerangkan inovasi Blitar Master ini tujuannya untuk mengubah paradigma pelayanan yang lebih efisien dan efektif. Cara meminjam buku bisa secara online jadi solusi cara memutus panjangnya birokrasi meminjam buku yang harus di kantor dengan mengisi sejumlah blanko yang rumit.

“Semoga terobosan kita memenuhi harapan dari dewan juri dan biro organisasi. Semoga nanti waktu pengumuman 12 November kita juara mendapatkan penghargaan langsung dari Ibu Gubernur,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...