HomeBERITADinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang : Ekskavasi Situs Mbah Blawu Menjadi Prioritas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang : Ekskavasi Situs Mbah Blawu Menjadi Prioritas

Kepala bidang kebudayaan, Dinas Pendidikan Jombang, Dian yunita sari

JOMBANG, SMNNews.co.id – Ekskavasi situs mbah blawu di desa sukosari jogoroto jombang, menjadi prioritas utama dinas pendidikan dan kebudayaan jombang, guna selamatkan situs dari limbah B3.

Disampaikan oleh kepala bidang kebudayaan, dinas pendidikan jombang Dian yunita sari, di ekitar area ini juga terdapar limbah B3, jadi kalau tidak di tampakkan ke masyarakat, masarakat nanti tidak akan menjaga struktur bangunan ini.

“Harapannya dengan adanya proses ekskavasi ini, pihak dari dinas lingkungan hidup (DLH) juga segera memindahkan limbah-limbah tersebut,” ucapnya, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Gelar Bimtek Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Bagi Guru SD

Pasca ekskavasi pihaknya akan menyiapkan juru peneliharaan (jupel) situs yang bertujuan untuk menjaga keberlangsungan situs. Sementara ini untuk bentuk perlindungan situs pasca ekskavasi situs mbah lawu, pihaknya menyebut masih harus menunggu hasil kajian dari pihak BPK jatim.

“Yang jelas kita akan menunjuk juple untuk menjaga situs sebagai cagar budaya dan juga kita juga sudah berkordinasi dengan pihak  dinas lingkungan hidup terkait limbah B3 yang terletak di sekitar lokasi situs,” ucapnya.

Dan bila hal itu dilakukan, maka bertujuan agar situs lebih aman. ia mempertegas bahwa di sekitar lokasi situs juga terdapat limbah B3, supaya situs minimal aman dulu, jadi limbah tersebut di jauhkan dari lokasi situs.

“Langkah pertama ini minimal  mengamankan situs dulu. Karena terus terang kami sangat khawatir di sekitar situs ini masih Ada limbah B3,” ujarnya.

Baca Juga : Dinas Pendidikan Jombang Gelar Bimtek dan Pemanfaatkan Akun Belajar.id

Mengapa  itu menjadi alasan kami situs mbah Blawu menjadi priorities utama prizes ekskavasi dari pihak Disdikbud jombang. Terkait angaran yang disiapkan untuk  tahap ekskavasi ini, pihaknya sejatinya menyediakan beberapa tahapan angaran dan kita masih punya tiga angaran untuk ekskvasi, rencana dua kita siapkan untuk yang pertama di mbah Blawu ini.

“Alasan Disdikbud kabupaten jombang melakukan ekskavasi karena memang pihaknya mendapat informasi bahwa di sekitar lokasi makam mbah Blawu Ada struktur lebih luas,” ucapnya. (pj)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....