HomeBERITADinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang : Ekskavasi Situs Mbah Blawu Menjadi Prioritas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang : Ekskavasi Situs Mbah Blawu Menjadi Prioritas

Kepala bidang kebudayaan, Dinas Pendidikan Jombang, Dian yunita sari

JOMBANG, SMNNews.co.id – Ekskavasi situs mbah blawu di desa sukosari jogoroto jombang, menjadi prioritas utama dinas pendidikan dan kebudayaan jombang, guna selamatkan situs dari limbah B3.

Disampaikan oleh kepala bidang kebudayaan, dinas pendidikan jombang Dian yunita sari, di ekitar area ini juga terdapar limbah B3, jadi kalau tidak di tampakkan ke masyarakat, masarakat nanti tidak akan menjaga struktur bangunan ini.

“Harapannya dengan adanya proses ekskavasi ini, pihak dari dinas lingkungan hidup (DLH) juga segera memindahkan limbah-limbah tersebut,” ucapnya, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Gelar Bimtek Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Bagi Guru SD

Pasca ekskavasi pihaknya akan menyiapkan juru peneliharaan (jupel) situs yang bertujuan untuk menjaga keberlangsungan situs. Sementara ini untuk bentuk perlindungan situs pasca ekskavasi situs mbah lawu, pihaknya menyebut masih harus menunggu hasil kajian dari pihak BPK jatim.

“Yang jelas kita akan menunjuk juple untuk menjaga situs sebagai cagar budaya dan juga kita juga sudah berkordinasi dengan pihak  dinas lingkungan hidup terkait limbah B3 yang terletak di sekitar lokasi situs,” ucapnya.

Dan bila hal itu dilakukan, maka bertujuan agar situs lebih aman. ia mempertegas bahwa di sekitar lokasi situs juga terdapat limbah B3, supaya situs minimal aman dulu, jadi limbah tersebut di jauhkan dari lokasi situs.

“Langkah pertama ini minimal  mengamankan situs dulu. Karena terus terang kami sangat khawatir di sekitar situs ini masih Ada limbah B3,” ujarnya.

Baca Juga : Dinas Pendidikan Jombang Gelar Bimtek dan Pemanfaatkan Akun Belajar.id

Mengapa  itu menjadi alasan kami situs mbah Blawu menjadi priorities utama prizes ekskavasi dari pihak Disdikbud jombang. Terkait angaran yang disiapkan untuk  tahap ekskavasi ini, pihaknya sejatinya menyediakan beberapa tahapan angaran dan kita masih punya tiga angaran untuk ekskvasi, rencana dua kita siapkan untuk yang pertama di mbah Blawu ini.

“Alasan Disdikbud kabupaten jombang melakukan ekskavasi karena memang pihaknya mendapat informasi bahwa di sekitar lokasi makam mbah Blawu Ada struktur lebih luas,” ucapnya. (pj)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar Targetkan Hattrick di Pemilu 2024 dengan Penguatan Saksi Militan

BLITAR, SMNNews.co.id - Gerbong Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ketua DPC Drs. Rijanto menyemangati para kader PDIP Kabupaten Blitar untuk bisa kembali merebut kursi...

Bangkit Menuju Endemi, Wakil Wali Kota Blitar Buka Pameran Foto

BLITAR, SMNNews.co.id - Bertempat di Gedung Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pameran Foto 'Bangkit Menuju Endemi' dibuka Wakil Wali Kota Blitar Tjuk Tjuk Sunario, dihadiri...

Jalur Alternatif Tawangargo Longsor, Kasat Lantas Polres Batu : Bagi Pengendara yang Hedak ke Kota Batu, Silahkan Ambil Jalur Lain

MALANG, SMNNews.co.id - Hujan yang mengguyur Malang Raya pada sore hari hingga malam hari mengakibatkan jalur alternatif ke Dari Kabupaten Malang menuju Kota Batu...