HomeBERITADinas Pendidikan dan PWI Ngawi Gelar Lomba Geguritan, Peserta Capai Ratusan Orang

Dinas Pendidikan dan PWI Ngawi Gelar Lomba Geguritan, Peserta Capai Ratusan Orang

Para pemenang Lomba Geguritan tingkat SD yang diadakan Dinas Pendidikan dan PWI Ngawi

NGAWI, SMNNews.co.id – Dinas Pendidikan bekerjasama dengan PWI Kabupaten Ngawi, menggelar lomba geguritan bagi siswa tingkat SD, untuk memperingati Hari Guru tahun 2021.

Membaca geguritan atau berpuisi Bahasa Jawa dipilih, sebagai bentuk nguri-uri kebudayaan daerah, menumbuhkan minat baca dan berliterasi sejak dini.

“Lomba membaca geguritan ini diikuti 256 sekolah dari 514 SD di Kabupaten Ngawi. Setiap SD mengirimkan seorang peserta putra dan seorang peserta putri, namun banyak yang hanya mendaftarkan satu duta saja. Total peserta ada 379 video siswa,” ujar Ardian Febri, Sekretaris Panitia lomba ini.

Ardian juga menerangkan, panitia memakai seleksi awal dari video-video siswa membaca gurit, yang diunggah ke link youtube yang diberikan panitia.

Langkah selanjutnya, dewan juri yang terdiri dari Sukadi (penggiat seni Jawa, Pepadi), Tjahjono Widarmanto (penyair, penulis sastra) dan Budi Hantara (penulis, penggiat literasi), memberikan nilai dan terpilih 20 finalis.

“Lomba bagi 20 finalis inilah yang digelar dengan sistem tatap muka. Para peserta membaca geguritan di depan dewan juri secara langsung,” tambahnya.

Final pembacaan geguritan dilakukan, Kamis (25/11/2021), di Pendapa Wedya Graha.

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, turut hadir dan memuji sistem penilaian yang dilakukan sebab dapat menggabungkan kemajuan teknologi sehingga terpilih 20 peserta untuk bisa tampil secara langsung.

“Semoga ke depan, kegiatan-kegiatan untuk menumbuhkan kebiasaan berliterasi dan pendidikan karakter, membentuk budi pekerti anak-anak kita, dapat lebih ditingkatkan,” harap Ony Anwar. (*)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...