HomeBERITADiperkim Gencarkan Pembangunan Tangki Septik Individual, Diharapkan Dukung Pengentasan Stunting

Diperkim Gencarkan Pembangunan Tangki Septik Individual, Diharapkan Dukung Pengentasan Stunting

Salah satu jamban hasil program pembangunan tangki septik individual oleh Diperkim Ngawi, telah dimanfaatkan warga

NGAWI SMNNews.co.id – Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Ngawi, gencarkan pembangunan tangki septik skala indvidual.

Program ini kerap disebut pula jambanisasi sebab diberikan dalam bentuk membuat jamban di rumah penerimanya, sesuai syarat kesehatan dan sanitasi.

“Pembangunan tangki septik individual itu dilakukan juga dengan melibatkan swadaya warga sebagai bagian pembangunan sanitasi berbasis masyarakat,” ungkap Pipit Dwi Herlina, Kabid Kawasan Permukiman Diperkim Ngawi.

Intervensi Diperkim dengan membangun tangki septik (jamban) ini diharapkan akan menunjang pembiasaan hidup bersih dan sehat bagi warga, terutama yang memiliki anak stunting.

“Intervensi dari Dinas Perkim dalam wujud jambanisasi atau pembangunan tangki septik individual ini diharapkan dapat menurunkan prevalensi angka stunting di Ngawi,” ungkap Pipit.

Sasaran pembangunan tangki septik individual ini menyebar pada 20 desa di delapan kecamatan, totalnya ada 1.060 titik.

“Penerima program juga ada kategorinya. Paling utama ketika rumah warga yang memiliki resiko stunting, namun belum memiliki jamban yang layak. Selain itu diperuntukkan pula pada masyarakat berpenghasilan rendah dan untuk warga yang masuk data kemiskinan ekstrim,” ujar Pipit.

Saat ini, sudah tiga tahun program tangki septik individual dilakukan. Hasilnya, ribuan rumah warga sudah terpasang jamban sesuai syarat sanitasi dan juga aman digunakan warga. ***

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Warga Perumahan Tanjung Sari Regency Kota Blitar Laksanakan Kurban Sapi dan Kambing di Masjid Miftahul Huda

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pada hari raya Idul Adha tahun 2024, warga Perumahan Tanjung Sari Regency, Kota Blitar, melaksanakan kegiatan korban dengan menyumbangkan hewan...

Agus Sriyanto Mundur dari Komisoner, KPU Ngawi Tunggu Pengganti

NGAWI, SMNNews.co.id - Hanya hitungan hari usai dilantik, Agus Sriyanto anggota Komisioner KPU Ngawi mundur. Sebelumnya, dia disoroti karena melanggar syarat pendaftaran yang menyebut...

Hari Raya Idul Adha, Pemkab Blitar Bagikan 11 Ekor Sapi Kurban ke 6 Kecamatan

BLITAR, SMNNews.co.id - Memperingati hari raya Idhul Adha 1445 h 2024 masehi Pemkab Blitar membagikan 11 ekor sapi ke 4 kecamatan, dari 11 ekor...