HomeBERITADirektorat Reserse Narkoba Polda Jatim Ungkap 7 Pengedar Narkoba Jaringan Internasional

Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim Ungkap 7 Pengedar Narkoba Jaringan Internasional

7 Tersangka Pengedar Narkoba Jaringan Internasional dan barang bukti yang berhasil Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim

SURABAYA, SMNNews.co.id – Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur dengan Polrestabes Surabaya melakukan pengungkapan kasus Pengedar Narkoba dua jaringan internasional dengan 7 Tersangka dengan barang bukti Sabu seberat 36 kilogram dan 15 ribu pil Ekstasi Rabu (23/11) di Gedung Bharadaksa Polrestabes Surabaya.

Dalam jumpa pers yang di hadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Hermanto, Dirnarkoba polda jatim Kombespol Arie, Kabidhumas polda jatim Kombespol Dirmanto, Kapolrestabes Surabaya Kombespol Ahmad Yusep Gunawan, Kasatresnarkoba Polrestabes Surabaya AKBP Daniel Maranduri dan Kasi humas Polrestabes Surabaya Kompol Fakih.

Baca Juga : Edarkan Sabu! Dua Warga Sidoarjo Ditangkap Satresnarkoba Polrestabes Surabaya

Dalam keterangannya pada saat jumpa pers Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Hermanto mengatakan, operasi yang berjalan kurang lebih dua bulan anggota membekuk jaringan sindikat internasional. Jenis sabu yang akan dikirim paket melalui Jakarta dengan tujuan Surabaya.

Di bulan november dua jaringan internasional berhasil di amankan anggota yang pertama adalah jaringan Indonesia Malaysia dan diduga barang ini berasal dari Cina dengan kemasan hijau kemasan Teh, dari pendalaman kita di Jawa timur dan mengembang sampai ke Sumatera Utara dan akhirnya anggota kita berhasil menangkap dua orang tersangka dengan barang bukti 26 kilogram sabu dan ekstasi sebanyak 15056 butir.

Kedua, penangkapan terhadap jaringan Laos yang berdasarkan hasil pendalaman bahwa akan ada barang yang dikirim dari laos ke Indonesia, dimana barang tersebut didistribusi melalui Surabaya dan Jakarta.

“Dari pengembangan ini, anggota berhasil mengamankan 5 orang tersangka dengan barang bukti 10 kilogram sabu-sabu. Untuk total sabu-sabu yang diamankan sebanyak 36 kilo dan ekstasi sebanyak 15056 butir,” ungkap Dirsernarkoba polda jatim Kombespol Arie.

Kombes Pol Ari menambahkan, pengungkapan ini berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa adanya peredaran gelap narkotika jenis sabu jaringan internasional Laos yang masuk di Indonesia.

Dari informasi tersebut pertugas melakukan penyelidikan dan kontrol delivery langsung dari tempat ekspedisi di Jakarta sekaligus tes keakutan barang bukti yang berada dalam kemasan kaleng yang dicurigai oleh polisi di lokasi transit tersebut.

“Anggota kemudian mengikuti alur barang yang akan dikirim ke dua sasaran lokasi yang berbeda selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap pelaku kurir atas nama HK dan Mr di pintu keluar parkiran Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan,” imbuh Ari.

Baca Juga : Hendak Transaksi! Pengedar Narkoba Asal Jombang Diringkus Satreskrim Polsek Babat

Dari tersangka HK dan MR polisi mengamankan 16 kantong plastik berisi serbuk putih kristal diduga narkotika jenis sabu dengan berat 5.120 gram.

Tidak berhenti sampai disitu kemudian polisi melakukan pengembangan lagi dengan membekuk pelaku A alias Idung, ES alias Ogi, MRI alias Mat di area Jalan Mayjen Sungkono Surabaya. Selanjutnya petugas melakukan pengejaran terhadap pemesan sabu tersebut.

Para tersangka kini di jerat dengan pasal 112 ayat 2, pasal 114 ayat 2 dengan hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati paling ringan penjara 5 tahun. (smn/red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...