HomeNUSANTARADiskominfo Situbondo Belajar Smart City dan Program Inovasi di Sidoarjo.

Diskominfo Situbondo Belajar Smart City dan Program Inovasi di Sidoarjo.

Kepala Dinas Diskominfo Situbondo, Dadang Aries Bintoro beserta rombongan, bertandang ke Kabupaten Sidoarjo, Jumat (4/1).
Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Kepala Dinas Diskominfo Situbondo, Dadang Aries Bintoro beserta rombongan, bertandang ke Kabupaten Sidoarjo,  guna mempelajari berbagai hal terkait perkembangan smart city serta program inovasi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.
Dadang dan rombongan Pemkab Situbondo sebanyak 30 orang,  diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo, Siswojo, ke Command Center Sidoarjo, komplek Pendopo Delta Wibawa, Jumat (4/1).
Dadang Aries Bintaro menyampaikan maksud kunjungannya tersebut, agar jajaran SKPD Situbondo yang ikut bersamanya bisa termotivasi dan lebih mendalami lagi konsep Smart City serta berbagai program Inovasi Sidoarjo.Dadang mengaku, Kabupaten Situbondo Saat ini masih dalam proses pengembangan Smart city. Menurutnya pengembangan Smart City, command center dan data center serta tata e- government tujuannya agar pelayanan pemerintah Situbondo kepada masyarakat lebih optimal, melalui pemanfaatan jaringan internet komunikasih pemerintah dengan masyarakat bisa dilakukan dengan cepat dan efektif.
Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo, Y. Siswojo mengungkapkan, yang pertama harus dilakukan adalah komitmen Kepala daerah atau Bupati menjadi sangat penting dalam mewujudkan pengembangan Smart city. Setelah dilakukan komitmen oleh Bupati, kemudian berpikir membangun infrastruktur, seperti pembangunan command center, data center dan pembangunan jaringan fiber optik. Setelah semua infrastruktur sudah terbangun, langkah selanjutnya menyiapkan website sebagai wadah tata kelola e-government.
“Saat ini, Sidoarjo sudah membangun jaringan fiber optik sepanjang 37 km, yang terhubung sepanjang jalan protokol mulai dari jalan raya Porong hingga raya Alpha, tahun ini target pembangunan jaringan fiber optik sepanjang 70 km meliputi Sidoarjo wilayah barat perbatasan dengan kabupaten Mojokerto hingga bundaran waru perbatasan dengan Surabaya. Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sekarang ini sudah terkoneksi jaringan FO termasuk 4 dari 18 kecamatan sudah terkoneksi dan di beberapa tempat publik seperti Alun-alun, GOR dan jalan protokol sudah dipasang CCTV “, ujar Siswojo.
Tata kelola e-government, Sidoarjo sudah memiliki website portalsidoarjo, Siswojo mengatakan portal Sidoarjo sebagai wadah inovasi yang dikembangkan oleh OPD, baik inovasi yang berkaitan dengan pelayanan publik maupun inovasi yang berhubungan dengan e-government.
Untuk mengamankan data, jaringan internet agar tidak mengalami gangguan dan tersimpan dengan baik, pembangunan infrastruktur data center harus dilakukan diawal. Usai berkunjung ke Command Center, Dadang beserta rombongan diajak melihat langsung ruangan data center yang berlokasi tidak jauh dari Command Center. .
 hadirnya kami di sini, teman-teman SKPD Situbondo bisa melihat langsung dan semakin termotivasi untuk diaplikasikan juga di kota kami,” ucap,” Dadang.(try)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...