HomeJAWA TIMURBLITARDisnaker Kabupaten Blitar Gelar Pembekalan Purna dan Calon PMI

Disnaker Kabupaten Blitar Gelar Pembekalan Purna dan Calon PMI

Kepala Disnaker Kabupaten Blitar (tengah) bersama peserta pelatihan yang mayoritas purna PMI.

BLITAR, SMNNews.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar memberikan pelatihan ke PMI (Pekerja Migran Indonesia), Senin (04/10/2021). Pelatihan tersebut bertujuan untuk, memberikan arahan ke PMI yang sudah menjadi Purna tidak diharuskan kembali bekerja di luar negeri lagi. Dan untuk para masyarakat yang akan menjadi PMI akan di berikan pembekalan oleh Disnaker.

Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Mujianto membuka pelatihan tersebut dengan jumlah 100 peserta. Kemudian dari jumlah 100 tersebut dibagi menjadi 5 angkatan, di mana hari ini angkatan yang ke dua. Mengingat ke tidak memungkinkan pembinaan 100 peserta dilakukan pada masa pandemi walaupun sudah PPKM level 1. Maka dari itu pembinaan dibagi menjadi 5 sesi dengan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil agar pembinaan sesuai dengan protokol kesehatan.

Adapun isi dari pelatihan hari ini adalah terkhususnya Purna PMI di berikan arahan agar modal kerja hasil mereka bekerja di luar negeri untuk dipergunakan sebagai bisnis.  Diharapkan para purna ini bisa hidup mandiri di negaranya sendiri.

Sedangkan untuk mereka sebagai calon PMI yang akan ke luar negeri di berikan pembekalan lebih mengarah ke skill yang mereka punyai sesuai dengan pekerjaan di negara yang akan mereka tuju nantinya. Tidak hanya pelatihan tentang skill saja, tetapi pelatihan ini juga berkaitan dengan skill yang lebih spesifik, seperti bahasa dan jenis pekerjaan.

“Maksud dan tujuan pelatihan ini adalah untuk para purna agar tidak adanya ketergantungan bekerja di luar negeri terus menerus. Mengingat umur juga sebagai salah satu faktor penurunan daya tahan tubuh manusia, oleh sebab itu untuk mereka terutama Purna PMI apalagi yang sudah tua diharapkan bisa mengelola uangnya dengan baik dari modal kerja mereka di luar negeri,” kata Kepala Disnaker Kabupaten Blitar Mujianto.

“Dan untuk pembekalan ini juga terdapat pelatihan psikologi, agar masyarakat ketika pulang dari bekerja di luar negeri untuk tidak memiliki sifat konsumerisme atau pemborosan. Oleh sebab itu kita akan mengarahkan mereka ke arah berbisnis dan menabung agar mereka tidak bolak-balik keluar negeri dan bisa hidup mandiri”, sambungnya.

Sedangkan untuk dana pembekalan pada hari ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). (adv/kmf)

Penulis : Dani Elang Sakti

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...

Polres Blitar Kota Amankan Dua Pelajar Perakit dan Penjual Bahan Petasan

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Blitar Kota, melalui kegiatan operasi Cipta Kondisi dan Penyakit Masyarakat 2024 menyita tiga kilogram bahan peledak, beberapa selongsong...

Kapolres Blitar Terima Audensi PSHT Cabang Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Kapolres Blitar AKBP Wiwit Andisatria menerima audensi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar, Sampaikan kepengurusan baru dan meminta bisa...