HomeADVERTORIALDispora Gelar Lomba Mewarnai, Jadi Sarana Kenalkan Museum Sejak Dini

Dispora Gelar Lomba Mewarnai, Jadi Sarana Kenalkan Museum Sejak Dini

Penyerahan hadiah untuk para pemenang Lomba Mewarnai Museum, Minggu (23/08/2020).

NGAWI, SMNNews.co.id – Tak mudah mengenalkan anak-anak agar menghargai dan mencintai museum.

Hal itu disiasati Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ngawi dengan menggelar Lomba Mewarnai Museum, bagi siswa PAUD dan TK.

“Adanya pandemi Covid-19, membuat sejumlah teknis lomba harus diubah. Diantaranya ya tidak ada pengumpulan anak namun cukup hasil karya mereka,” ujar Kabid Kebudayaan Dispora Ngawi, Zainal Fanani.

Lomba ini bekerjasama dengan IGTKI Kecamatan Kedunggalar, diikuti ratusan anak usia PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK).

Kegiatan itu sendiri bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik, BOP Museum dan Taman Budaya tahun 2020, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setelah menilai, juri memilih masing-masing lima pemenang untuk dua kategori. Penyerahan hadiah dilaksanakan di Museum Trinil, Minggu (23/08/2020).

Kesepuluh pemenang lomba dihadirkan di Museum Trinil dan tetap memakai protokol kesehatan, untuk menerima piala, piagam dan hadiah yang disediakan Dispora.

Di lingkungan Museum Trinil, selain dapat melihat-lihat isi museum, anak-anak pemenang lomba juga dapat memanfaatkan arena bermain yang telah tersedia.

“Bila dikenalkan sejak dini, anak-anak bisa menghargai museum dan juga mengerti pentingnya mempelajari sejarah,” ujar Zainal Fanani.

Ketua IGTKI Kecamatan Kedunggalar, Purwati, mengaku gembira di tengah kegiatan sekolah yang diisi belajar di rumah, terselenggara kegiatan ini.

“Ini dapat menjadi sarana pegenalan untuk anak-anak agar cinta museum sejak dini,” ungkapnya. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...