HomeWISATA DAN RELIGIRELIGIDoa Yang Dipanjatkan Rasulallah SAW Saat Bulan Rajab

Doa Yang Dipanjatkan Rasulallah SAW Saat Bulan Rajab

Doa Bulan Rajab (Sumber Foto: Google)

SMNNews.co.id – Dalam Islam, bulan Rajab ditetapkan sebagai bulan yang istimewa. Keistimewaan bulan ini mendorong umat Islam untuk memperbanyak ibadah.

Rajab berasal dari kata at-tarjib yang berarti memuliakan, dalam Kitab Putih Syekh Abdul Qadir Al-Jailani karya Sa’id bun Musfir Al-Qahthani. Menurut sabda Nabi SAW dari Abu Sa’id Al-Khudri, bulan ini tergolong bulan yang mulia.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan yang tercatat di dalam Kitabullah pada hari penciptaan langit dan bumi. Empat di antaranya adalah bulan-bulan yang mulia.” (HR Muslim) Yang termasuk bulan mulia adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Berikut doa yang dicontohkan Rasulullah saw saat Memasuki Bulan Rajab.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ 

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

Artinya, “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Umat ​​Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak puasa di bulan Rajab, selain memperbanyak dzikir dan berdoa. Anjuran ini juga diikuti pada bulan-bulan suci Zulkadah, Zulhijjah, dan Muharram. Istilah “bulan terlarang” mengacu pada sejarah umat Islam yang dilarang berperang di bulan-bulan tersebut.

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...