HomeBERITADorong Keterbukaan Pengadaan Barang dan Jasa, Pemkab Blitar Bahas Kerjasama Program AMEL

Dorong Keterbukaan Pengadaan Barang dan Jasa, Pemkab Blitar Bahas Kerjasama Program AMEL

Rapat pembahasan kerjasama program AMEL di ruang rapat Candi Simping Kantor Bupati Blitar.

BLITAR, SMNNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Blitar sedang membahas kerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tentang penggunaan dan pengelolaan Aplikasi Monitoring Evaluasi Lokal (AMEL).

Pada Senin (24/2/2020) rapat pembahasan dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Blitar, Tuti Komaryati. Dan diikuti staf ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda, staf ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Setda, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Kabag Tata Pemerintahan, Kabag Administrasi Pembangunan, perwakilan Inspektorat Daerah, BPKAD, Dinas Kominfo, Bappeda, dan Bagian Hukum.

Tuti menjelaskan dengan penerapan AMEL ini nantinya proses pengadaan barang dan jasa akan lebih akuntable. Sebab dibanding cara manual dengan aplikasi ini progres pengadaan barang/jasa bisa lebih terpantau lebih cepat. Dengan demikian hasil akhir pengadaan bisa membuahkan hasil yang memuaskan bagi masyarakat.

“Di aplikasi LKPP yang saat ini sudah kita gunakan, pengadaan barang jasa sudah bisa dilihat oleh masyarakat luas. Nanti itu diintegrasikan dengan AMEL sehingga Monitoring masuk dalam sistem  tidak lagi manual. Misal sampai mana progres pembangunan, berapa banyak uang yang sudah ditransfer, bisa dilihat dengan aplikasi ini secara realtime,” terangnya.

Dia yakin draft kerja sama dengan LKPP untuk penggunaan dan pengelolaan AMEL ini akan rampung dalam waktu dekat. Bila nanti sudah terjalin kerja sama dia yakin proses pengadaan barang dan jasa menjadi lebih baik dan tidak ada lagi permasalahan hukum muncul.

“Karena sudah sangat terbuka dan masyarakat bisa memantau langsung kita yakin persoalan hukum dari pengadaan barang dan jasa tidak ada lagi,” pungkasnya. (kmf/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja...

Pengawasan Operasi Ketupat 2024 Oleh Itwasum Polri Bertempat di Polres Pasuruan Kota

PASURUAN, SMNNews.co.id – Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan Operasi Ketupat 2024  di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota bertempat...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...