HomeBERITADPC PDIP Kabupaten Blitar Ingin Bangkitkan Kembali Padasan di Rumah-rumah Warga

DPC PDIP Kabupaten Blitar Ingin Bangkitkan Kembali Padasan di Rumah-rumah Warga

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto

BLITAR, SMNnews.co.id– Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Blitar melakukan beberapa usaha dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Mulai dari kegiatan sosialisasi masyarakat hingga pemberdayaan masyarakat dalam menangkal virus ini.

Disampaikan Sekretaris DPC PDIP Kabupaten, Suwito Saren Satoto, bahwa sebelumnya pihaknya telah melakukan kegiatan ke-swadayaan, gotong-royong memberikan bantuan hand sanitizer dan masker khusus bagi para TKI. Mengingat banyak warga Kabupaten Blitar banyak yang bekerja di luar negeri menjadi TKI.

Tukang jahit pun turut digandeng untuk membuat masker kain untuk dibagikan kepada yang membutuhkan. “Kegiatan pencegahan Corona hingga sosialisasi kita ini kita sampaikan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) melalui teleconference. Juga apa yang kita butuhkan seperti bantuan dari DPD untuk padasan yang dulu ada di depan rumah warga jaman dahulu,” ungkapnya, Senin (6/4/2020).

Padasan atau gentong tanah liat yang dulu ada di depan rumah kuno, menurut Suwito, harus perlu diadakan kembali. Karena ini akan membuat kebiasaan masyarakat rajin cuci tangan dan kaki sebelum memasuki rumah. Mengingat Covid-19 ini penularan paling banyak melalui kontak tangan, maka menggaungkan kebiasaan cuci tangan tepat untuk ini.

Padasan ini kita bantukan ke beberapa rumah saja tidak semuanya karena sifatnya adalah menggerakkan secara umum agar masyarakat tergerak membuat padasannya sendiri. Karena untuk membuatnya juga cukup mudah,” terangnya.

Lanjut Suwito, untuk mengampanyekan budaya cuci tangan ini fraksi PDIP di DPRD pun juga dilibatkan. Untuk membantu memberi masyarakat di masing-masing wilayahnya bagaimana cara cuci tangan yang benar.

“Selain masker bantuan sabun cuci tangan juga efektif untuk mencegah Covid-19. Pembagiannya bantuan ini pun kita perhatikan juga protapnya yakni tidak ada berkerumun. Bisa jadi melalui door to door,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...