HomeHUKUM DAN POLITIKDPR Minta Jokowi Kirim Nama Calon Panglima TNI Sebelum Reses

DPR Minta Jokowi Kirim Nama Calon Panglima TNI Sebelum Reses

Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus

Jakarta, SMNnews.co.id – Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengirimkan nama calon pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
Menurut Lodewijk, jika surat semakin lama dikirim ke DPR, pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI pun semakin sempit. Hadi bakal pensiun per 1 Desember 2021.

“Kita menunggu, kita monitor mudah-mudahan Bapak Presiden segera mengajukan calon Panglima TNI karena Pak Hadi per 1 Desember ini sudah pensiun,” kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/9).

Lodewijk mengatakan DPR memasuki masa reses mulai 7 Oktober hingga 8 November 2021. Ia berharap Jokowi bisa mengirim surat presiden terkait nama pengganti Hadi sebelum masa reses.

“Diharapkan sebelum itu, dengan masa reses yang insyaallah selesai tanggal 7 (Oktober) kita sudah bisa memiliki Panglima TNI. Kalau enggak, kita menunggu total waktu persiapan sangat sempit,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR lainnya, Sufmi Dasco Ahmad juga mengatakan, sampai saat ini belum ada Surpres pengganti Panglima TNI yang dikirimkan Jokowi ke DPR. Dasco menyebut, pihaknya juga masih menunggu surat itu.

“Ya kalau sampai dengan sekarang kan belum. Kita kan masih ada nanti penutupan masa sidang tanggal 7 Oktober. Nanti kita lihat aja kalau ada nanti saya kasih tahu,” ujar Dasco.

Bursa calon Panglima TNI belakangan ini berhembus kencang. Dua nama perwira bintang empat disebut-sebut berpotensi menggantikan Hadi yang memasuki masa pensiun November 2021.

Mereka adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono.

Yudo dianggap punya potensi besar menjadi Panglima TNI selanjutnya jika Jokowi dan DPR menggunakan pendekatan normatif regulatif. Pendekatan itu mengacu pada Pasal 13 ayat (4) Undang-Undang TNI, yang mengamanatkan jabatan panglima dijabat secara bergantian antarmatra.

Saat ini, Marsekal Hadi Tjahjanto berasal dari matra udara. Sebelum Hadi, Panglima TNI dijabat Gatot Nurmantyo dan Moeldoko yang berasal dari matra darat.

Meski demikian, KSAD Jenderal Andika Perkasa juga sempat disebut menjadi calon Panglima TNI oleh beberapa anggota Komisi I DPR, antara lain dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon, Fraksi Gerindra Fadli Zon, hingga Fraksi Demokrat Syarief Hasan. (cnn)

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA