HomeJAWA TIMURNGAWIDPRD 2019-2024, Pendidikan Meningkat, Keterwakilan Perempuan Baru 20 Persen

DPRD 2019-2024, Pendidikan Meningkat, Keterwakilan Perempuan Baru 20 Persen

Penyerahan berkas penetapan calon anggota DPRD Ngawi oleh KPU kepada gubernur melalui bupati setempat.
Ngawi, suaramedianasional.co.id – KPU Ngawi menyerahkan surat penetapan calon anggota DPRD terpilih ke gubernur melalui Bupati Ngawi, Selasa (23/7). Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Komisioner KPU divisi teknis penyelenggaraan, Ridho Aman Hidayat dan Ketua KPU Prima Aquiena Sulistyanti, di ruang kerja Bupati Ngawi Budi Sulistyono. “Kita serahkan hasil penetapan calon anggota DPRD Ngawi, dan selanjutnya pemerintah yang akan menjadwalkan pelantikannya,” ungkap Aman Ridho Hidayat.
Sementara itu, Ketua KPU Ngawi, Prima Aquiena Sulistyanti, mengucapkan terimakasih atas peran masyarakat dan bantuan pemerintah serta kesigapan aparat keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Ngawi, 17 April lalu.
Menurut Prima, sapaan akrabnya, masih ada pekerjaan rumah yang harus dilakukan KPU dengan berpijak pada angka partisipasi pemilih di pemilu lalu. “Tingkat partisipasi pemilih Ngawi 78,87 persen, ini memang lebih tinggi dari angka partisipasi yang ditetapkan pusat namun masih lebih rendah bila mengacu pada rata-rata tingkat partisipasi pemilih di Jatim yang mencapai 80 persen,” ungkapnya.
KPU Ngawi berharap, hal itu akan menjadi pemacu semangat semua pihak, termasuk pemerintah, untuk menaikkan angka partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020. “Mari bersama kita buat masyarakat lebih greget lagi menggunakan hak pilihnya,” ujar Prima.
Selain itu, data KPU juga menunjukkan bahwa keterwakilan perempuan yang berhasil duduk di DPRD baru 20 persen. Hal ini juga sewajarnya menjadikan evaluasi bagi parpol walau undang-undang sudah memberikan kekhususan keterwakilan perempuan dalam daftar caleg minimal 30 persen dalam tiga urutan teratas. “Hanya ada 9 perempuan dari 45 anggota DPRD atau setara 20 persen,” katanya
Hanya saja, dari segi tingkat pendidikan, caleg-caleg yang masuk menjadi anggota parlemen, hampir semuanya sudah sarjana dari berbagai tingkatan dan jurusan. Bahkan banyak pula yang sudah menyelesaikan jenjang master (S2). “Ini semoga membawa kepedulian lebih besar pada kepentingan masyarakat yang diwakili,” kata Prima.
Sedangkan Bupati Ngawi, Budi Sulistyono menerima penyerahan berkas penetapan caleg terpilih dengan penuh syukur karena pemilu berlangsung lancar dan damai. Penyerahan itu juga disaksikan Sekretaris DPRD Sunarto, Asisten I Hermiati Retno Sriwulan, Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Yoni Warsono serta Sekretaris KPU Edy Sukamto. “Selanjutnya akan kita ajukan ke gubernur dan kemungkinan pelantikan dewan periode 2019-2024 pada Senin, 26 Agustus,” ungkapnya.
Pemilihan tanggal 26 Agustus karena DPRD sekarang masa jabatannya berakhir pada 24 Agustus yang jatuh pada hari Sabtu. Anggota DPRD periode sebelumnya yang terpilih kembali sebanyak 28 orang dan wajah baru sebanyak 17 orang. (ari)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...