HomeBERITADPRD Kabupaten Blitar Peringatkan Agar OPD Tak Main-main dengan Anggaran dalam Refocusing...

DPRD Kabupaten Blitar Peringatkan Agar OPD Tak Main-main dengan Anggaran dalam Refocusing Penanganan Covid-19

Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Panoto saat ditemui usai rapat kerja, Kamis (9/4/2020).

BLITAR, SMNNews.co.id – DPRD Kabupaten Blitar selama beberapa hari ini menggelar rapat kerja bersama mitra kerja membahas pergeseran anggaran atau refocusing penanganan Corona Virus disease (Covid-19). Dengan demikian sejumlah proyek yang agaknya tidak begitu penting bisa ditunda demi mengefektifkan pemutusan rantai penyebaran virus.

Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Panoto, sebagaimana komisinya yang membidangi pengawasan pembangunan, mendukung agar proyek-proyek saat ini berhenti dahulu. Guna mendukung pemerintah pusat tengah gencar melindungi rakyatnya dari serangan Virus Corona.

“DPRD mewanti-wanti agar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam refocusing benar untuk penanganan Covid-19. Karena bukan hanya sisi kesehatan saja, sosial ekonomi di masyarakat ikut terdampak dan itu adalah tanggung jawab pemerintah,” tegas Panoto, Kamis (9/4/2020).

Panoto tidak ingin dari pergeseran anggaran APBD untuk penanganan Covid-19, dimainkan oleh sejumlah pihak untuk mencari keuntungan. Sebab ini masyarakat mulai mengeluhkan dampak sosial distancing yang mulai menggerogoti perekonomian.

“Kalau sampai ada pergeseran anggaran sampai diluar penyelesaian Covid-19 maka kami akan tidak tegas OPD tersebut,” tegas politisi dari PKB ini.

Selama dua hari ini ada sejumlah OPD mitra komisi III, melaporkan pergeseran anggaran atau refocusing penanganan Covid-19. Diantaranya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) melaporkan refocusing sebesar Rp 11.889.000.000. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaporkan refocusing sebesar Rp 4 miliar, Bagian Umum Setda Rp 3,9 miliar, dan Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) sebesar Rp 840 juta.

“Refocusing anggaran ini harapannya agar dampak Corona segera ditanggulangi. Kepada OPD harus benar-benar mempersiapkan kalau punya kegiatan tidak betul urgen mending ditinggal dulu,” tandasnya. (jon)

Editor: Nanim

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...