HomeADVERTORIALDPRD Kota Blitar Dorong UMKM Masuk Lini Pasar Modern

DPRD Kota Blitar Dorong UMKM Masuk Lini Pasar Modern

UMKM asli Kota Blitar menunjukkan produknya.

BLITAR, SMNNews.co.id– Ketua Komisi II DPRD Kota Blitar Yohan Tri Waluyo mendorong pemerintah menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) terkait pemberdayaan UMKM. Demi meningkatkan kualitas produk mereka bisa bersaing dengan produk pabrikan.

Menurut Yohan, saat ini masih minim produk UMKM masuk di lini pasar modern. Pasalnya produk UMKM tersebut dinilai dibawah standar yang ditetapkan pasar modern tersebut.

“Contohnya masalah pengemasan produk, harus menarik dan plastiknya tebal agar lebih bertahan lama,” kata Yohan, Jumat (13/11/2020).

Padahal, di Perda Kota Blitar Nomor 1 Tahun 2018 diatur pasar modern harus menyertakan produk UMKM lokal. Maka itu ia minta pemerintah serius menanggapi demi meningkatkan ekonomi para pegiat UMKM.

“Harusnya dinas terkait melakukan sejumlah pelatihan kepada UMKM. Bagaimana produknya bagus dan bisa masuk di minimarket modern seperti Indomaret dan Alfamart,” ujarnya.

Dia berharap UMKM Kota Blitar semakin maju dan berdaya saing. Dengan demikian bisa turut meningkatkan perekonomian dari masyarakat kecil.

“Jika terwujud 10 persen di pasar modern terpajang produk asli Kota Blitar. Pegiat UMKM kita akan semakin sejahtera dan ikut menularkan pada yang lainnya,” pungkasnya. (adv/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...