HomeBERITADPRD Kota Malang Gelar Paripurna Bahas Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah

DPRD Kota Malang Gelar Paripurna Bahas Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah

DPRD Kota Malang menggelar rapat paripurna mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pembentukan dan susunan perangkat daerah

KOTA MALANG, SMNNews.co.id – DPRD Kota Malang menggelar rapat paripurna mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pembentukan dan susunan perangkat daerah di Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (01/08/2023).

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, menyebutkan jika Ranperda tersebut berdasarkan beberapa hal, yakni UU no 11 Tahun 2020 berkaitan dengan cipta kerja. Kemudian terkait Peraturan Presiden (Perspres) no 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan Perizinan Berusaha di daerah.

“Dinas Perizinan Satu Pintu itu harus berdiri sendiri tidak boleh ada tugas atau urusan yang lain. Nah, kebetulan dinas yang kita punya saat ini kan ada juga yang mengurus hal lain, yakni Disnaker- PMPTSP. Maka dari itu perlu disesuaikan dengan ketentuan yang ada di atasnya,” jelas Bung Edi sapaan akrabnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Malang sendiri memiliki bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang masuk dalam Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang akan dikuatkan menjadi Badan Riset dan Inovasi untuk mendukung BRIN.

“Bidang Litbang lah nanti yang akan kita kuatkan menjadi riset dan inovasi. Maka, dijangkau dalam Ranperda pembentukan dan susunan perangkat daerah itu tadi,” jelasnya.

Wawali menegaskan bahwa, dengan penyesuaian struktur tersebut, tidak ada penambahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tetapi akan ada penugasan tertentu terkait BRIN dan bidang tenaga kerja.

“OPD tetap, akan tetapi ada penugasan tertentu terkait BRIN dan bidang tenaga kerja. Semoga dalam waktu dekat, dapat di undangkan sebagai dasar dan landasan hukum bagi Pemkot Malang di dalam penyelenggaraan pemerintahan,” pungkasnya. (yoe)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Laksanakan Groundbreaking Pembangunan Gedung Baru 8 Lantai

BLITAR, SMNNews.co.id - RSUD Ngudi Waluyo Wlingi melaksanakan Groundbreaking Pembangunan Gedung Baru 8 Lantai untuk meningkatkan pelayanan yang lebih unggul, Senin (22/04/2024). Direktur RSUD Ngudi...

Bupati Blitar Hadiri Groundbreaking Pembangunan Gedung Rawat Inap 8 Lantai RSUD Ngudi Waluyo Wlingi

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara Groundbreaking dimulainya pembangunan gedung rawat Inap 8 lantai RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Senin (22/04/2024). Turut Hadir...

PSHT Cabang Blitar Gelar Halal Bihalal di BUMDES Desa Karangsono

BLITAR, SMNNews.co.id - Persaudaraan Setia Hati terate (PSHT) cabang Kabupaten Blitar bertekad untuk terus melahirkan pesilat-pesilat handal yang mengutamakan persaudaraan dan melestarikan ajaran budi luhur. Hal...