HomeBERITADPRD Trenggalek Setujui Rasionalisasi Anggaran Penanganan Dampak Covid-19

DPRD Trenggalek Setujui Rasionalisasi Anggaran Penanganan Dampak Covid-19

Rapat DPRD Trenggalek bersama TAPD.

TRENGGALEK, SMNNews.co.id – Rasionalisasi anggaran penanganan dampak Covid-19, DPRD Trenggalek menggelar rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada Senin (13/4/2020). 

Dalam rapat tersebut membahas tentang rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk digunakan selama 10 bulan kedepan. 

Dari hasil tersebut diputuskan dan disetujui bersama bahwa anggaran untuk penanganan dampak Covid-19 dialokasikan sebesar Rp 80 milyar. 

Agus Cahyono Wakil Ketua DPRD Trenggalek usai memimpin rapat menjelaskan bahwa DPRD bersama TAPD sebelumnya telah meneliti dan menimbang beberapa poin penting dalam penyisiran anggaran untuk digunakan.

Dari rapat tersebut alhasil pembahasan itu disetujui tentang estimasi penanganan covid-19 akan berlangsung hingga 10 bulan kedepan, berlangsung mulai bulan Maret hingga Desember mendatang. 

“Jadi semua sepakat besaran anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 80 miliar yang diambil dari APBD,” ungkapnya.

Rasionalisasi anggaran yang digunakan dikatakan Agus bahwa prosenya Mendahului Perubahan Anggaran Keuangan (MPAK). Karena dalam APBD 2020 yang telah di gedok kemarin tidak ada alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

Agus menambahkan, dari alasan tersebut penanganan covid-19 perlu dilakukan rasionalisasi APBD. Sehingga dalam teknisnya TAPD telah menyodorkan berkas tentang anggaran apa saja yang akan digunakan dan anggaran itu nanti akan di gunakan pada pos apa. 

Selanjutnya pengajuan tersebut disetujui, sedangkan pos anggaran yang diambil merupakan kegiatan dari beberapa pos anggaran seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang kegunaanya tak terlalu mendesak. 

“Jumlah besaran Rp 80 milyar ini tersebut juga termasuk sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) 2019,” ungkap Agus.

Untuk silpa, Agus menerangkan ada sebesar Rp 35 miliar. Dari situ, nantinya Badan Anggaran (Banggar) DPRD akan langsung melalukan rapat pembahasan terkait rasionalisasi APBD tersebut. 

Tentunya dalam hal penanganan dampak Covid-19 ini semua berharap rasionalisasi anggaran ini segera disahkan. Sehingga bisa digunakan sebagaimana mestinya. (Rud)

Editor: Nanim

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...