Dua Bulan Jelang Lebaran, Tiket Blitar-Jakarta Hampir Ludes

Suasana lalu lalang warga di Stasiun Blitar, Jumat (29/3).

Blitar, suaramedianasional.co.id– Lebaran yang kurang dua bulan lagi, masyarakat sudah melakukan persiapan untuk mudik. Seperti tiket kereta api jarak jauh dari Blitar menuju Jakarta dan Bandung hampir separuhnya telah dipesan.

Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan di Stasiun Blitar dilalui oleh tiga kereta jarak jauh. Diantaranya KA Brantas dan KA Singasari relasi Blitar-Pasar Senen (Jakarta). Sedangkan KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong (Bandung).

Dari ketiga KA ini rata-rata tiketnya sudah terjual 40 hungga 50 persen dari persedian. “Data ini adalah update terakhir per 28 Maret. Ini fluktuatif jadi masih berjalan terus,” ungkap Ixfan usai meninjau perbaikan rel di Stasiun KA Blitar, Jumat (29/3).

Misal tiket kelas ekonomi KA Singosari tujuan Blitar- Pasar Senen untuk arus balik selama 22 hari tinggal 57 persen dari kapasitas sebanyak 10.560 kursi. Sedang untuk tiket kelas eksekutif KA Singosari tersisa 50 persen daru 3.300 kursi disediakan.

Sedang arus mudiknya selama 22 hari di tiket kelas ekonomi KA Singosari Pasar Senen-Blitar tersisa 50 persen dari 10.560 kursi. Sedang tiket mudik kelas eksekutif KA Singosari tersisa 41 persen dari 3.300 kursi.

Bahkan tiket ekonomi KA Singosari, jurusan Pasar Senen-Blitar untuk tanggal 5 dan 7 Juni 2019 sudah habis terjual. Demikian pula untuk tiket eksekutif KA Singosari jurusan  Pasar Senen-Blitar pemberangkatan 26 Mei 2019 dan 5-7 Juni 2019 sudah habis terjual.

Kalau tiket KA Brantas arus balik Blitar-Pasar Senen tersisa 13 persen dari tempat duduk 18.565 kursi dan sebagian habis terjual untuk pemberangkatan 26 Mei 2019, 5-8 Juni dan 10-16 Juni 2019.

“KA Brantas ini hanya kelas ekonomi, sedangkan untuk arus mudiknya Pasar Senen-Blitar sudah habis semua,” ujarnya.

Sementara tiket KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong sudah habis terjual baik arus mudik atau arus balik. “Kalau yang sudah habis biasanya akan ada tambahan untuk angkutan lebaran. Nanti akan ada pengumuman lebih lanjut,” pungkasnya. (jon)