HomeBERITADua Lokasi Tambang Galian C Ilegal, Digerebek Polda Jatim

Dua Lokasi Tambang Galian C Ilegal, Digerebek Polda Jatim

Ditreskrimsus Polda Jatim konferensi pers terkait ungkap kasus tambang bahan galian C (sirtu) yang diduga ilegal. Senin, 16/03/2020.

SURABAYA, SMNNews.co.id – Ditreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, didampingi Kabidhumas Polda Jatim Kombes pol Trunoyudho Wisnu Andiko, TNI AU, TNI AL, TNI AD dan Dinas ESDM Provinsi Jatim menggelar konferensi pers terkait  ungkap kasus tambang bahan galian C (sirtu) yang diduga ilegal. Senin, 16/03/2020.

Bermula dari laporan masyarakat, petugas gabungan Satgas  ilegal Mining akhirnya bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan.

Ilegal Mining ini merupakan  praktek penambangan liar yang mengakibatkan rusaknya ekosistem lingkungan hidup, mengakibatkan longsor dan sebagainya.

Tempat kejadian perkara ada di dua tempat antara lain, di desa Temoran kecamatan Omben, Kabupaten Jombang dan di daerah Kabupaten Sampang Madura. 

Dari dua lokasi ini,  Petugas telah mengamankan 8 orang yang diduga sebagai pelaku dan 3 alat berat yang digunakan sebagai operasional tambang bahan galian tersebut.

Direskrimsus Polda Jatim Kombes pol Gidion menjelaskan,” dari sejumlah yang diduga pelaku yang kita amankan masih dalam proses penyelidikan,” Jelasnya.

Atas perbuatannya pelaku apabila terbukti, maka akan dijerat dengan Pasal 158 UU Nomor 5 tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan Batubara, dengan ancaman pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 milyar.(Bry)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...