Duet Rijanto-Marhaenis Jadikan Kabupaten Blitar Raih Opini WTP ke-4 Kalinya dari BPK RI

Rijanto didampingi Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito, Kepala Inspektorat Ahmad Lazim, Kepala BPKAD Khusna Lindarti.

BLITAR, SMNNews.co.id – Slogan Kita Kompak Bisa..! duet Rijanto-Marhaenis membuktikan prestasi demi prestasi kembali diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar terbaru, di bidang keuangan, Pemkab Blitar berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019.

Penghargaan Opini WTP diterima langsung Bupati Blitar Rijanto di Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur di Surabaya, pada Selasa (30/6/2020). Dalam acara ini Rijanto didampingi Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito, Kepala Inspektorat Ahmad Lazim, Kepala BPKAD Khusna Lindarti dan beberapa kepala OPD lainnya. Opini WTP diserahkan Kepala BPK Perwakilan Jatim Joko Agus Setyono.

Di bawah kepemimpinan Rijanto-Marhaenis Prestasi itu pun terbilang moncer. Pasalnya Pemkab Blitar secara berturut-turut, 4 kali dalam setiap periode pemeriksaan keuangan, menerima opini WTP dari BPK.

“Hari ini kita bersama 11 kabupaten/kota di Jatim menerima hasil audit dari BPK. Alhamdulillah dapat WTP. Jadi WTP yang kita terima hari ini adalah WTP yang keempat kali secara berturut-turut selama empat tahun,” ungkap Rijanto.

Seperti diketahui, diraihnya opini WTP menandakan bahwa upaya perbaikan kinerja pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan Pemkab Blitar dinilai sangat baik. Opini WTP adalah opini audit yang diterbitkan BPK jika laporan keuangan pemerintah suatu daerah dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah satu material.

Bupati Rijanto menambahkan, prestasi gemilang Pemkab Blitar dalam mempertahankan WTP keempat kalinya secara berturut-turut itu, tak lepas dari dukungan DPRD Kabupaten Blitar dan jajaran ASN yang bekerja keras serta seluruh masyarakat.

“Sungguh saya menyampaikan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Blitar dan teman-teman ASN Kabupaten Blitar yang sudah bekerja keras dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Blitar. Bagaimanapun, ini adalah bagian dari upaya kami untuk membangun Kabupaten Blitar lebih baik, lebih bersih dan tentunya bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kita kompak bisa..!,” terang orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini.

Bupati Rijanto yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat ini melanjutkan, capaian ini harus menjadi motivasi dalam penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Blitar.

“Saya mendorong agar diraihnya Opini WTP ini menjadi motivasi bagi kami di Pemkab Blitar untuk menciptakan pemerintahan bersih dan berintegritas. Semoga dengan kekompakan kita bersama ke depan Kabupaten Blitar semakin maju dan berdaya saing,” ujar bupati.

Seperti diketahui, Kabupaten Blitar merupakan 11 daerah yang menerima opini WTP dari BPK. Penyerahan opini BPK itu pun dilakukan dengan dua cara. Yakni, melalui tatap muka dan melalui video conference. (kmf/jon)