HomeBERITADukung Percepatan Vaksin untuk Lansia, TNI-Polri Siaga Antar Jemput

Dukung Percepatan Vaksin untuk Lansia, TNI-Polri Siaga Antar Jemput

Peserta vaksin lansia dijemput petugas dan diantarkan kembali ke rumah mereka.

NGAWI, SMNNews.co.id – Percepatan vaksinasi Covid-19 di Ngawi diprioritaskan untuk kalangan lanjut usia (lansia). Pasalnya, lansia termasuk kelompok rentan terpapar virus namun rasio vaksinnya masih rendah.

Salah satu percepatan vaksin untuk lansia dilakukan di Desa Simo, Kecamatan Kwadungan, Ngawi,Jawa Timur. Vaksinasi dilakukan dengan mengerahkan aparat Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengantar jemput peserta vaksin dari kalangan lansia, Selasa (19/10/2021).

Layanan dadakan dari petugas ini dilakukan setelah melihat peserta banyak yang terkendala datang ke lokasi vaksin karena tidak ada yang mengantar dan mendampingi.

“Kalau dijemput begini kan saya tidak usah kebingungan mencari orang yang bisa mengantar,” ujar Yadi, seorang peserta vaksin.

Beberapa lansia ternyata ada yang tidak lolos screening kesehatannya. Misalnya, karena tekanan darah tiba-tiba meningkat atau sebaliknya. Mereka diberi waktu istirahat sementara untuk kemudian diperiksa lagi.

Selain menjemput dan mengantar lansia peserta vaksin, petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga tak bosan mengingatkan agar warga mematuhi protokol kesehatan dan menghindari berkerumun.

“Faktor jarak sering dikeluhkan warga yang sudah lanjut usia, inisiatif antar jemput ini kami harap bisa membantu mereka bisa lebih mudah hadir di lokasi vaksinasi,” ungkap Sertu Edy, anggota Koramil Kwadungan.

Sedangkan menurut Siswanto, Camat Kwadungan, selain kendala jarak, kesehatan para lansia juga menjadi pertimbangan untuk bisa divaksin atau tidak.
Dia menuturkan, meski jumlahnya tak banyak, beberapa lansia justru batal divaksin sebab dalam pemeriksaan ternyata memiliki penyakit penyerta atau problem kesehatan lainnya.

Capaian vaksin di Kecamatan Kwadungan sendiri, terhitung baik. Saat ini Kwadungan termasuk dalam urutan ketiga penerima vaksin terbanyak, diantara 19 kecamatan di Ngawi.

“Minggu ini capaian vaksin sudah mencapai lebih dari 50 persen untuk dosis 1. Sedangkan vaksin bagi lansia memang diprioritaskan dan saat ini terus dilaksanakan,” pungkas Siswanto. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Kepsek SDN 12 Rambutan Banyuasin Angkat Bicara! Terkait Isu Dugaan Pungli

BANYUASIN, SMNNews.co.id - Menindak lanjuti pengaduan laporan salah satu LSM dengan Indikasi dugaan Pungli di SDN 12 Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Liza Yuliani, Kepsek SDN...

Waka Polri Bersama Irwasum Polri Akan Melakukan Kunjungan ke Polda Sumsel

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Gatot Eddy Pramono bersama Irwasum Polri Komjen Pol Agung Maryoto dijadwalkan melaksanakan...

Klinik Utama PHC Dalwa Diresmikan Oleh Gus Irsyad

PASURUAN, SMNNews.co.id - Grand Opening Klinik Utama PHC Dalwa yang berlokasi di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan diresmikan oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Rabu (01/02/2023). Selain...