HomeBERITADukung Suksesnya Festival Gandrung Sewu! Lanal Banyuwangi Terjunkan Prajurit Untuk Pengamanan Marina...

Dukung Suksesnya Festival Gandrung Sewu! Lanal Banyuwangi Terjunkan Prajurit Untuk Pengamanan Marina Boom

Prajurit Lanal Banyuwangi saat lakukan pengamanan festival Gandrung Sewu dipesisir pantai Marina Boom

BANYUWANGI, SMNNews.co.id – Dalam mendukung suksesnya festival gandrung sewu Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi terjunkan Prajurit guna membantu pengamanan festival tersebut yang diselenggarakan di Pantai Marina Boom Kampung Mandar Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (29/10/2022).

Gandrung Sewu merupakan salah satu event dari Banyuwangi Festival. Gandrung Sewu diadakan sejak tahun 2012 hingga sekarang. Pada awalnya Gandrung Sewu digelar untuk mengenalkan kebudayaan Banyuwangi khususnya Gandrung ke khalayak luas. Pada saat ini Gandrung Sewu sudah menjadi ikon pariwisata budaya Banyuwangi.

Pada kesempatan tersebut Danlanal Banyuwangi didampingi Ketua Cabang 6 Korcab V DJA II Hanun Ansori bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, beserta jajaran Forkopimda Banyuwangi menyaksikan langsung kegiatan pagelaranTarian kolosal Gandrung Sewu yang mengusung tema “Sunare Tlatah Blambangan” yang bermakna Kilau Bumi Blambangan. tema ini diambil sebagai spirit Banyuwangi bangkit seusai menghadapi Pandemi Covid-19.

Disela-sela kegiatan, Danlanal Banyuwangi mengatakan bahwa Lanal Banyuwangi telah menerjunkan Prajuritnya untuk bersinergi dengan aparat keamanan lainnya untuk ikut serta mengamankan jalannya Festival Gandrung Sewu, karena banyaknya masyarakat yang antusias menyaksikan festival tersebut.

“Tari gandrung khas Banyuwangi ini telah menjadi warisan budaya Indonesia yang menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara ditambah dengan keindahan alam pesisir pantai Selat Bali. Harapannya dengan dilaksanakannya Festival Gandrung Sewu ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dari Sektor Pariwisata khususnya masyarakat maritim pasca Pandemi Covid-19”, pungkasnya.

Keterlibatan TNI AL khususnya Lanal Banyuwangi dalam kegiatan pengamanan Festival Gandrung Sewu selaras dengan Intruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang memerintahkan prajurit TNI AL untuk selalu bersinergi dengan stake holder lainnya dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat dan dimanapun Prajurit TNI AL berada selalu memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. (rica)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemkab Jombang Fasilitasi Pemudik dengan Program Arus Balik Gratis Lebaran 2024

JOMBANG, SMNNews.co.id - Ratusan warga Jombang yang telah mendaftar untuk mengikuti Program Mudik Arus Balik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur...

Sudah Reot, Nenek Sahidah Menanti Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Kondisi Rumah Nenek Sahidah di Kelurahan Keramasan yang sudah reot dan memprihatinkan hingga saat ini belum ada kabar baik dari Pemerintahan...

Polres Blitar Gelar Press Release Ungkap Kasus Selama Operasi Ketupat 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Polres Blitar melakukan operasi ketupat sebagai bagian dari upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Idul Fitri 2024, Jumat (12/04/2024). Dalam operasi...