HomeBERITADukung Suksesnya Festival Gandrung Sewu! Lanal Banyuwangi Terjunkan Prajurit Untuk Pengamanan Marina...

Dukung Suksesnya Festival Gandrung Sewu! Lanal Banyuwangi Terjunkan Prajurit Untuk Pengamanan Marina Boom

Prajurit Lanal Banyuwangi saat lakukan pengamanan festival Gandrung Sewu dipesisir pantai Marina Boom

BANYUWANGI, SMNNews.co.id – Dalam mendukung suksesnya festival gandrung sewu Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi terjunkan Prajurit guna membantu pengamanan festival tersebut yang diselenggarakan di Pantai Marina Boom Kampung Mandar Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (29/10/2022).

Gandrung Sewu merupakan salah satu event dari Banyuwangi Festival. Gandrung Sewu diadakan sejak tahun 2012 hingga sekarang. Pada awalnya Gandrung Sewu digelar untuk mengenalkan kebudayaan Banyuwangi khususnya Gandrung ke khalayak luas. Pada saat ini Gandrung Sewu sudah menjadi ikon pariwisata budaya Banyuwangi.

Pada kesempatan tersebut Danlanal Banyuwangi didampingi Ketua Cabang 6 Korcab V DJA II Hanun Ansori bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, beserta jajaran Forkopimda Banyuwangi menyaksikan langsung kegiatan pagelaranTarian kolosal Gandrung Sewu yang mengusung tema “Sunare Tlatah Blambangan” yang bermakna Kilau Bumi Blambangan. tema ini diambil sebagai spirit Banyuwangi bangkit seusai menghadapi Pandemi Covid-19.

Disela-sela kegiatan, Danlanal Banyuwangi mengatakan bahwa Lanal Banyuwangi telah menerjunkan Prajuritnya untuk bersinergi dengan aparat keamanan lainnya untuk ikut serta mengamankan jalannya Festival Gandrung Sewu, karena banyaknya masyarakat yang antusias menyaksikan festival tersebut.

“Tari gandrung khas Banyuwangi ini telah menjadi warisan budaya Indonesia yang menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara ditambah dengan keindahan alam pesisir pantai Selat Bali. Harapannya dengan dilaksanakannya Festival Gandrung Sewu ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dari Sektor Pariwisata khususnya masyarakat maritim pasca Pandemi Covid-19”, pungkasnya.

Keterlibatan TNI AL khususnya Lanal Banyuwangi dalam kegiatan pengamanan Festival Gandrung Sewu selaras dengan Intruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang memerintahkan prajurit TNI AL untuk selalu bersinergi dengan stake holder lainnya dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat dan dimanapun Prajurit TNI AL berada selalu memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. (rica)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Amankan Pelaku Bajing Loncat

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Anggota Subdit III unit 1 dan 2 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel tangkap pelaku bajing loncat yang terjadi di Jalan Raya Lintas...

Seorang Ibu di Madiun Tega Membakar Bayi yang Baru Dilahirkannya

MADIUN, SMNNews.co.id - Polres Madiun berhasil mengamankan tersangka IS seorang ibu (38) warga Desa Ngranget, Kecamatan Dagangan yang tega membakar bayi yang baru dilahirkannya...

Wapres RI Ma’ruf Amin Resmikan Proyek Gas Raksasa di Jatim

SURABAYA, SMNNews.co.id - Ma'ruf Amin, Wakil Presiden RI (Wapres), menegaskan pemerintah tetap mendorong pemanfaatan gas bumi dalam negeri dengan memajukan bisnis dalam negeri. Hal itu...