HomeSUARA DAERAHEmil Dardak Apresiasi Kemenhub dan TNI AL Fasilitasi Pemudik Pulkam Gratis Gunakan...

Emil Dardak Apresiasi Kemenhub dan TNI AL Fasilitasi Pemudik Pulkam Gratis Gunakan KRI Makasar

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak bersama MENHUB RI terima pemudik Kapal KRI Makasar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Surabaya, suaramedianasional.co.id –Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi yang sangat tinggi kepada Kementerian Perhubungan (Kemhub) RI bersama TNI AL lewat Koarmada II yang telah memfasilitasi pemudik asal Jatim pulang kampung (pulkam) secara gratis dari Balikpapan menggunakan KRI Makasar.
Sebanyak 989 pemudik dari Balikpapan asal Jatim turun di Dermaga Ujung Surabaya disambut langsung oleh Watimpres RI Sidarto Danusubroto, Menhub Budi Karya Sumadi, Komisi V DPR RI dan Wagub Jatim, di Tanjung Perak Surabaya, Senin (3/6).
Dihadapan awak media yang hadir, Emil mengapresiasi terselenggaranya mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub yang di dukung oleh TNI AL. Dirinya juga menyampaikan terima kasih terhadap penyelenggara yang telah memberikan kesempatan bagi masyarakat asal Jatim untuk kembali pulang dan berkumpul lewat Mudik Gratis menggunakan angkutan Kapal Laut.
“Kami mengucapkan terima kasih bahwa keluarga, kerabat, sanak saudara dari masyarakat kami (Jatim) bisa berkumpul di hari yang spesial pada lebaran kali ini. Kesemuanya itu, terjadi berkat kerjasama dari kementrian dan TNI AL serta pihak-pihak yang turut berpartisipasi,” ujarnya.
Emil mengungkapkan, program mudik yang dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan beberapa instansi dapat dimanfaatkan sangat luar biasa oleh masyarakat.
“Ini menunjukkan bahwa memang mudik gratis ini sangat bermanfaat. Tadi, kami bertanya kepada pemudik ada yang dari Lumajang ada yang dari Madura serta dari Bojonegoro,” imbuhnya.
Tak hanya itu, fasilitas yang diberikan oleh pemerintah lewat mudik gratis menggunakan kapal laut tersebut sangat baik dalam hal pelayanan. “Alhamdulillah mereka merasa terlayani dengan baik,” ungkapnya.
Lebih lanjut dirinya menyampaikan, bahwa pesan mudik yang bisa diambil hikmahnya adalah selain dapat berkumpul dengan keluarga dan saudara juga dapat merekatkan bangsa dan persatuan. Masyarakat yang asalnya dari Jatim merantau ke luar pulau dan kemudian bisa menjalin koneksi dengan masyarakat lainnya.
Emil juga memastikan pemudik yang tiba di Dermaga Tanjung Perak Surabaya langsung disediakan bis sebagai koneksi menuju ke tempat asal. “Kami sediakan angkutan bis untuk memberikan koneksi kepada pemudik dengan semua tujuan di Jatim,” jelasnya.
Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pelaksanaan mudik gratis ini merupakan kerjasama yang telah terjalin dengan baik bersama TNI AL. Terdapat tiga KRI yang dipersiapkan untuk melayani masyarakat yang akan melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini.
“Terima kasih kepada TNI AL yang sudah memberikan 3 kapal bantuannya yakni dari Makasar-Surabaya, Jakarta-Panjang juga menuju ke Pontianak. Ini adalah salah satu bentuk kerjasama yang baik bantuan dari TNI AL dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbunya.
Di tempat yang sama, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto mengaku senang karena TNI AL bisa turut serta berkontribusi bagi masyarakat dalam mudik gratis.
KRI Makasar, lanjut Pangarmada, mampu mengangkut 1.500 personel penumpang. Sementara pada program mudik kali ini, KRI Makasar mampu mengangkut 989 orang pemudik dari Balikpapan menuju Surabaya, terdiri dari 550 orang laki-laki, 319 perempuan, 120 anak-anak. Para pemudik didampingi personel TNI-Polri berjumlah 120 orang. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...