HomeSUARA DAERAHEmil Dardak : Sepakbola Sarana Bangun Karakter

Emil Dardak : Sepakbola Sarana Bangun Karakter

Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak saat Penutupan Football For Peace Jawa Timur 2019 di Ponpes Darrul Ulum, Kab. Jombang, Senin (1/4).

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Sepakbola menjadi salah satu wahana  mengajarkan anak untuk membangun karakter. Banyak hal yang bisa diperoleh dari bermain sepak bola.

Demikian disampaikan Wagub Jatim, Emil Elistianto Dardak saat Penutupan Football For Peace Jawa Timur 2019 di Ponpes Darrul Ulum, Kab. Jombang, Senin (1/4).
Dijelaskan, dengan bermain sepakbola anak bisa dilatih kematangan emosional dan juga rasa saling menghargai. Ilmu tersebut tidak hanya digunakan saat bermain sepakbola, tapi juga dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.”Bermain sepakbola  tidak hanya mencari siapa yang jago dan menang, tapi juga mencari siapa yang paling sportif. Secara tidak langsung, mengajarkan anak untuk membangun karakter,” jelasnya.
Sepakbola, digemari oleh masyarakat dunia juga bisa bisa menjadi sarana pembangunan karakter yang berlandaskan Islam.  Dengan pembangunan karakter secara tidak langsung juga meneladani sifat Rosullulah. Sifat yang dimaksud adalah cinta damai antar sesama manusia,
“Bagi pemenang jadilah duta yang menyebarkan nilai kebaikan, dan tunjukkan  bahwa bisa sportif,”lanjutnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Football For Peace Jawa Timur 2019, Gus Han menuturkan rangkaian kegiatan ini dilanjutkan pada bulan Oktober 2019, dengan menghadirkan pelatih dari Spanyol. Bagi para pemain dan pelatih yang bermain sekarang, di ajang selanjutnya bisa ikut berlatih dan bermain lagi. ” Yang terbaik akan dikirim ke Spanyol untuk berlatih disana. Kedepan diupayakan menghadirkan pesepakbola Internasional yaitu Karim Benzema untuk ke Jatim guna memeriahkan acara ini,” ungkapnya.
Ditambahkan, ajang ini bertujuan untuk membangun nilai persepakbolaan yaitu jiwa kebersamaan. Dalam bermain bola ada pembagian kerja dan toleransi kerjasama. ” Kedua hal itu wajib ada dalam bermain bola. Apabila tidak ada maka tidak ada nilai yang sempurna dalam bermain bola,” tambahnya. (*)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...