Emil: Semangat Nasionalisme PPAD Jadi Teladan Generasi Muda

Wagub Emil saat menghadiri Syukuran HUT PPAD ke XVI tahun 2019 di Aula Kantor PPAD Jl. Brawijaya no. 38B Surabaya

Trenggalek, suaramedianasional.co.id – Nasionalisme menjadi hal yang penting dimiliki bagi segenap elemen masyarakat dalam menghadapi serangan global yang tengah marak. Sebagai pihak yang paling merasakan dampak globalisasi, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut bahwa generasi muda saat ini bisa meneladani semangat nasionalisme para anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD).

“PPAD ini adalah teladan-teladan yang luar biasa untuk membimbing kami, generasi penerus dalam mengawal Jawa Timur,” sebut Wagub Emil saat menghadiri Syukuran HUT PPAD ke XVI tahun 2019 di Aula Kantor PPAD Jl. Brawijaya no. 38B Surabaya, Selasa (6/8) pagi.

Oleh sebab itu, pria yang kerap dipanggil Emil Dardak ini menyampaikan bahwa nasionalisme tidak hanya bisa ditanamkan melalui pelajaran di sekolah, namun juga melalui teladan para generasi pendahulu seperti PPAD.

“Pelajaran sejarah harusnya bisa dimaknai dan diresapi nilai nilai keteladanan bangsa indonesia,” jelasnya.

Dalam acara yang bertajuk “Merajut Jiwa Persatuan Dan Kesatuan Para Purnawirawan TNI-AD Pasca Pemilu 2019 Dalam Melanjutkan Pengabdian Kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia” itu,  Wagub mengingatkan bahwa masyarakat tetap harus bisa adaptip dengan kondisi global tanpa mengurangi kemampuannya untuk berdiri sendiri. Ia optimis bahwa Jatim kedepannya bisa menjadi yang terdepan sebagai pendorong ekonomi di Indonesia.

“Jawa Timur sebagai perekonomian terbesar kedua di Indonesia harus bisa menjadi lini terdepan, bukan menjadi pengikut,” tutur Wagub Emil yang siang itu hadir dalam kemeja putih.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, menurut Wagub Emil, Jatim memerlukan masyarakat yang memiliki karakter mendukung. Maka dari itu, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, diharapkan PPAD bisa memberikan bantuan bimbingan dan pengawasan serta teladan yang diperlukan untuk menanamkan semangat nasionalisme khususnya pada generasi muda.

Turut hadir dalam acara siang itu, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Ketua PPAD Jatim Heru Sudibyo, Wakil Sesepuh Purnawirawan TNI-AD, serta puluhan perwakilan purnawirawan TNI Angkatan Darat dari seluruh Jawa Timur. (*)