HomeBERITAFestival Gemah Ripah Ngawi, Besut Sambal Belut Jadi Kuliner Khas Bergengsi

Festival Gemah Ripah Ngawi, Besut Sambal Belut Jadi Kuliner Khas Bergengsi

Bupati Ngawi saat mendatangi salah satu stand peserta di Festival Gemah Ripah Ngawi 2023

NGAWI, SMNNews.co.id – Masakan berbahan ikan belut, tentu bukan barang baru. Namun di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, sambal dan belut itu dipadankan, jadi kuliner khas daerah yang menawan.

Sambal belut pun naik kelas di kabupaten ujung terbarat Jatim ini, menjadi makanan khas yang banyak diburu. Tak terkecuali saat digelarnya Festival Gemah Ripah Ngawi 2023, Kamis (31/8/2024).

“Belut biasa didapatkan di persawahan dan seiring gencarnya pengolahan lahan minim pupuk kimia dan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan, potensi belut ini pun marak jelang musim tanam. Ini memberi manfaat tambahan bagi petani dan warga,” ungkap Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi, Wiwin Purwaningsih, membeberkan, di Festival Gemah Ripah Ngawi 2023 ini, terdapat potensi ekonomi kreatif yang tumbuh di bidang kuliner dengan sajian khas dari belut.

Kreatifnya masyarakat mengolah belut itu yang diwadahi, dengan menampilkan santapan sambal belut yang menjadi unggulan dari tiap kecamatan.

“Karena meski bahan atau nama sama, namun dari segi rasa, tata cara penyajian pun bisa berbeda. Itulah kekayaan dan kreatifitas masyarakat yang kita wadahi di Festival Gemah Ripah Ngawi 2023 ini,” ungkap Wiwin Purwaningsih.

Olahan belut yang tersaji di Gemah Ripah Ngawi 2023 memang jadi beragam. Ada peserta yang menyajikan sambal belut dengan lalapan segar, ada juga yang dibuat renyah dan kriuk.

Bahkan, terdapat peserta yang kreatif menampilkan sambal belut bambu runcing. Santapan itu benar-benar dimasak dalam batang bambu, menjadikan aroma dan rasa yang unik.

Disparpora Ngawi juga mengundang chef nasional untuk unjuk kebolehan mengolah ikan menjadi kuliner mudah, sedap dan menarik serta dapat menjadi inspirasi.

Festival Gemah Ripah Ngawi 2023 diakhiri dengan panggung hiburan yang digelar pada Kamis malam. Tampil saat itu Gilga Sahid, yang bernyanyi menghibur ribuan warga Ngawi di Alun-Alun Merdeka.

Demi menghelat keseluruhan Festival Gemah Ripah Ngawi 2023 ini, Pemkab melalui Dispora mengangggarkan Rp650 juta di APBD 2023. Setelah dilelang, pemenangnya adalah Mata Panah Communication dengan harga terkontrak Rp649.849.500 atau turun sebesar Rp150 ribu.***

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bantu Stok Darah di Aceh Timur, Pekerja Medco E&P Adakan Kegiatan Donor Darah

ACEH TIMUR, SMNNews.co.id - Serikat Pekerja (SP) Medco E&P Malaka bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud turut...

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ikuti Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan memberikan apresiasi kepada semua stakeholder yang terkait dalam pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Asahan, yang berjalan...

MTQN Kecamatan Simpang Empat Resmi di Buka

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan diwakili Kepala P2KBP3A Kabupaten Asahan Edi Sukman membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) Tingkat Kecamatan Simpang Empat, Rabu (28/02/2024)....