HomeJAWA TIMURBLITARFleksible Sikapi Peraturan Permendikbud, Zonasi SMP Kabupaten Blitar Selalu Lancar

Fleksible Sikapi Peraturan Permendikbud, Zonasi SMP Kabupaten Blitar Selalu Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusuma

Blitar, suaramedianasional.co.id – Pelaksanaan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Blitar berjalan lancar tanpa kendala. Ini berbeda dengan daerah lain yang saat ini mengeluhkan sistem ini akibat anaknya yang tak mendapat sekolah karena lokasi rumahnya jauh dari sekolah.

Hal seperti ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusuma. Dia mengatakan selama tiga tahun terakhir PPDB Zonasi SMP diterapkan tidak ada keluhan dari warga.

“Sudah tiga tahun sistem zonasi SMP berjalan di Kabupaten Blitar tidak ada masalah. Entah kenapa yang tahun ini tingkat SMA kok tiba-tiba jadi masalah,” ungkapnya, Rabu (26/6/2019).

Pria yang akrab disapa Pak Budi ini mengatakan kalau dalam pelaksaannya pihaknya melakukan sesuai dengan juknis dari Kemendikbud yakni 90 persen zonasi.

Di tengah perjalannan ini juga tidak sampai ditemukan kasus siswa tidak mendapat sekolah akibat memilih sekolah di luar zona dan ditolak karena salah saingan nilai dengan siswa lain.

Sebab dari pihak Pemkab Blitar menyiasati peraturan ini dengan fleksibel. Apabila ada sekolah yang pagunya tidak terpenuhi bisa diisi oleh siswa yang belum mendapat sekolahan.

“Tetap bisa sekolah baik di swasta ataupun di SMP negeri yang tidak memenuhi pagu juga bisa. Contoh di SMP Talun ini pagunya kurang siapa belum tertampung bisa sekolah di sana. Jadi fleksibel kita,” ujarnya.

Budi menambahkan kalau nantinya zonasi tidak hanya diterapkan bagi siswa saja. Melainkan guru juga dilakukan sistem zonasi dengan tujuan efisiensi dengan rumah guru lebih dekat dengan sekolah agar lebih bertanggung jawab saat kerja dan pemerataan guru berkopetensi.

“Zonasi guru ini sudah kita programkan dan sedang lagi berjalan,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...