HomeSPORTFormula 1 Putus Kontrak dengan Rusia

Formula 1 Putus Kontrak dengan Rusia

Mobil Balap Formula 1

Jakarta, SMNNews.co.id – Balapan Formula 1 di Rusia dipastikan tidak akan ada lagi pada tahun-tahun mendatang karena F1 telah memutus kontrak dengan negara dengan wilayah terbesar di Eropa tersebut.
Dalam pernyataan resmi, F1 menyatakan sudah memutus kontrak dengan promotor GP Rusia.

“Formula 1 mengonfirmamsi telah memutus kontrak dengan promotor Grand Prix Rusia. Itu berarti Rusia tidak akan lagi menggelar balapan pada masa yang akan datang,” demikian tulis pengumuman di situs resmi F1. Keputusan ini diambil sepekan setelah F1 memastikan tidak menggelar balapan GP Rusia pada tahun ini terkait invasi ke Ukraina yang diumumkan Presiden Vladimir Putin.

Sebelumnya pihak Rusia sempat menyusun rencana pemindahan sirkuit dari Sochi ke St. Petersburg pada 2023. Rusia dan F1 sejatinya masih memiliki kontrak hingga 2025.

Pemutusan kontrak GP Rusia diketahui merupakan hasil dari pertemuan F1, FIA, dan petinggi-petinggi tim.

Keputusan yang diambil F1 menjadi dampak lanjutan dari perang Rusia Ukraina. Di kancah olahraga, beberapa federasi sudah menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

Khusus untuk olahraga otomotif, FIA sudah menjatuhkan sederet sanksi untuk Rusia dan Belarus. Sesuai dengan rekomendasi Komite Olimpiade Internasional, anggota dewan sepakat FIA meniadakan ajang balap di Rusia dan Belarus.

Selain pembalap, para ofisial juga dilarang menggunakan simbol kebangsaan Rusia dan Belarus. Bendera dan lagu kebangsaan kedua negara juga tidak bisa diperdengarkan.

FIA pun memutuskan mencoret tim Rusia dan Belarus berpartisipasi dalam kompetisi internasional. Sementara perwakilan Rusia dan Belarusia di FIA diwajibkan mengundurkan diri sementara dari peran dan tanggung jawabnya. Dana hibah FIA juga tidak akan disalurkan kepada Rusia dan Belarusia. (cnn)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja...

Pengawasan Operasi Ketupat 2024 Oleh Itwasum Polri Bertempat di Polres Pasuruan Kota

PASURUAN, SMNNews.co.id – Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan Operasi Ketupat 2024  di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota bertempat...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...