HomeTNIGandrung Rajungan, Bentuk Syukur Masyarakat Akan Hasil Laut di Lamongan

Gandrung Rajungan, Bentuk Syukur Masyarakat Akan Hasil Laut di Lamongan

Lamongan, SMNNews.co.id- Lapangan Utara GOR Sport Center Kemantren, Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan mendadak dipenuhi oleh lapak UMKM milik warga.

Bukan tanpa sebab, UMKM milik warga itu menyajikan berbagai hasil laut yang dikemas dalam festival Gandrung Rajungan. Salah satu festival atau budaya masyarakat dalam mensyukuri hasil laut yang dihasilkan oleh para nelayan.

Adanya festival itupun, menarik perhatian berbagai pihak untuk datang mengikuti berjalannya festival itu, salah satu diantaranya ialah Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan.

Tak hanya itu saja, di lokasi festival itu juga digelar adanya sosialisasi terkait ketentuan cukai rokok dan bahaya rokok ilegal. Sosialisasi tersebut, dilakukan oleh Forkopimda Lamongan.

“Masyarakat telah berhasil mengolah sumber daya alamnya dengan baik. Ditambah lagi, potensi itu diolah melalui produk-produk UMKM pangan, dan sandang serta pengelolaan Bumdes setempat,” kata Dandim ditemui disela-sela kunjungannya. Sabtu (26/08/2023).

Selain itu, Letkol Wira berujar, festival yang diselingi dengan adanya sosialisasi cukai ilegal tersebut, dinilai mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya peredaran rokok ilegal.

“Dengan adanya sosialisasi itu, diharapkan bisa meminimalisir peredaran rokok ilegal yang merugikan keuangan negara dan daerah,” imbuh Dandim. *

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polrestabes Surabaya Musnahkan Sabu 40,8 Gram dan Ekstasi  26,019 Butir

SURABAYA, SMNNews.co.id - Polrestabes Surabaya hari ini musnahkan narkotik jenis  sabu seberat 40,890,92 gram dan narkotika jenis ekstasi sebanyak 26,019 butir,  Pemusnahan barang bukti...

Tim TNI-Polri dan Pemda Bongkar Gudang dan Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Banyuasin dan Muratara

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Pembongkaran gudang minyak ilegal dilakukan tim gabungan diwilayah Banyuasin dan Muratara sepanjang, Kamis (16/5/2024). Dikecamatan Suak Tapeh kabupaten Banyuasin, terdapat dua lokasi...

Puluhan Wartawan Blitar Raya Gelar Unjuk Rasa Tolak Draf RUU Penyiaran

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Puluhan wartawan Blitar Raya yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) melakukan aksi unjuk...