HomeJAWA TIMURNGAWIGantikan Rupiah, Uang Bambu Laris di Pasar Jadul Ahad Legi

Gantikan Rupiah, Uang Bambu Laris di Pasar Jadul Ahad Legi

Pasar jadul digelar tiap Ahad Legi di Taman Wisata Tawun, dimulai sejak Minggu (30/6/2019) sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Ngawi.
Ngawi, suaramedianasional.co.id – Uang dari bahan bambu yang dibentuk bulat gepeng, menjadi aat jual beli menggantikan rupiah di Pasar Jadul Ahad Legi di taman wisata Tawun, Kecamatan Kasreman, Minggu (30/6/2019).
Uang bambu ini turut memberikan gambaran jadul alias jaman dulu yang digelar tiap Ahad Legi di lokasi ini.
Selain itu, jajanan yang ada di pasar jadul juga jauh dari kesan modern. Jajan pasar seperti tiwul, cenil, lupis, menjadi salah satu sajian yang tersedia bagi pengunjung. Pembungkusnya pun memakai daun bambu dan daun jati tanpa plastik atau kemasan praktis lainnya. “Pasar jadul ini kami harapkan dapat meningkatkan kunjungan ke Ngawi khususnya ke Taman Wisata Tawun, selain bahwa Tawun dikenal sebagai habitat penangkaran bulus dan kolam renangnya,” ujar Mahmud Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi.
Selain berbagai penganan khas jaman dulu, ada pula sajian cokek-an, musik keroncong, dan tersedia booth berfoto dengan berpakaian jadul seperti berkebaya dan memakai kain panjang.
Beberapa benda yang sering digunakan masyarakat jaman dulu juga tersedia seperti baju sorjan, ikat kepala atau udeng, blangkon dan sebagainya.
Kusnianto, salah satu pengunjung mengaku terkesan dengan adanya alat jual beli berupa uang bambu. “Bagus juga, saya tadi tukar Rp 20 ribu,” katanya.
Sedangkan Mariam, salah satu pengunjung juga menyatakan ingin melihat lagi gelaran pasar jadul ini bulan depan tanggal 4 Agustus mendatang. “Kami harap dipikirkan juga pada sulitnya mencari parkir dan diantisipasi membeludaknya pengunjung,” katanya. (ari)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...