HomeJAWA TIMURGempur Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Gencarkan Sosialisasi dengan Gandeng KPP Bea Cukai...

Gempur Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Gencarkan Sosialisasi dengan Gandeng KPP Bea Cukai Madiun

Sosilisasi pemberantasan rokok ilegal dilakukan Pemkab Madiun bersama KPP Bea Cukai Madiun, Rabu (20/7/2022)

MADIUN, SMNNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Madiun menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Madiun, untuk sosialisasi pemberantasan peredaran rokok ilegal.

Seperti dilakukan Rabu (20/7/2022), Satpol PP Kabupaten Madiun bersama Muspika dan KPP Bea Cukai melaksanakan sosialisasi di Balerejo. Para kepala desa dan BPD se-Kecamatan Madiun turut menjadi peserta sosialisasi tersebut.

Kasi Penindakan dan Penyidikan KPP Bea Cukai Madiun, Susetia, memberikan pengertian agar masyarakat mengetahui kriteria barang yang harus terkena cukai, termasuk diantaranya rokok.

Penerapan pajak rokok akan menjadi penerimaan negara dn dua persen dari total nilai cukai kembali diberikan ke pemerintah daerah.

“Total penerimaan cukai nanti ada dua persen yang akan kembali ke daerah,” kata Susetia.

Tahu ini, lebih dari Rp20 M diterima Pemkab Madiun dan akan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, kesehatan dan penegakan hukum.

Beberapa pelanggaran atas pajak cukai jug dijelaskan oleh Susetia, seperti produk rokok tanpa dilekati pita cukai, dilekatkan pita cukai namun bekas pakai, sampai pada penggunaan pita cukai palsu.

“Kontrol dari masyarakat menjadi penting karena rokok yang melanggar ketentuan cukai ini, beredar di sekitar kita,” tambah Susetia.

Sementara itu, Kapolsek Madiun AKP Suwandono, menyambut baik sosialisasi yang dilakukan Bea Cukai dalam menekan peredaran rokok maupun minuman non cukai atau ilegal di wilayah hukumnya.

“Peran kita bersama-sama, termasuk Muspika untuk ikut melibatkan diri dalam pengawasan cukai. Ketika mengetahui d rokok ilegal, jangan segan laporkan, bisa ke KPP Bea Cukai maupun kepolisian,” tutur AKP Suwandono. (ADV/Dodik)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...