Gerakan Kerja Bakti Serentak PSN DBD

Tulungagung, SMN – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang menginfeksi bagian tubuh melalui sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang terinfeksi. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah menjadi masalah nasional karena jumlah penderita dan kematian yang diakibatkannya cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan keresahan pada masyarakat. Di Kecamatan Tulungagung kasus penderita DBD cukup tinggi meski tidak ada kasus kematian. Oleh Karena itu diperlukan adanya suatu penanganan yang serius untuk mengantisipasi merebaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Tulungagung.

Atas dasar himbauan Bupati Tulungagung dalam Penanggulangan Kasus Demam Berdarah yang akhir-akhir ini kasus DBD semakin meningkat, maka Kecamatan Tulungagung yang dipimpin Bapak Arief Boediono selaku Camat, menindaklanjuti himbauan tersebut dengan melaksanakan kegiatan Gerakan Kerja Bakti Serentak PSN DBD di Kelurahan se-Kecamatan Tulungagung. Kegiatan Kerja Bakti Serentak PSN DBD ini adalah gerakan yang dilakukan secara serentak di Kelurahan se Kecamatan Tulungagung dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan kebersihan lingkungan dan 3M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur barang-barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty sp. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 15 Pebruari 2015 dimulai pukul 06.00 serentak di 14 Kelurahan, yaitu :

  1. Kelurahan Kampungdalem,
  2. Kelurahan Kenayan
  3. Kelurahan Botoran
  4. Kelurahan Panggungrejo
  5. Kelurahan Kedungsoko
  6. Kelurahan Kutoanyar
  7. Kelurahan Tertek
  8. Kelurahan Karangwaru
  9. Kelurahan Tamanan
  10. Kelurahan Bago
  11. Kelurahan Jepun
  12. Kelurahan Kauman
  13. Kelurahan Kepatihan
  14. Kelurahan Sembung

Adapun tujuan secara umum dilakukannya Kegiatan Kerja Bakti Serentak PSN DBD adalah untuk meningkatkan Angka Bebas Jentik (ABJ) sehingga seluruh Masyarakat terbebas dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD. Secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap kesehatan lingkungan yang merupakan salah satu faktor pencetus meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan tersebut. Dalam upaya pemberantasan DBD hanya dapat berhasil apabila seluruh masyarakat berperan secara aktif dalam PSN DBD. Kegiatan ini merupakan bagian yang paling penting dari keseluruhan upaya pemberantasan DBD selain itu peran kader Jumatik sangat dibutuhkan untuk mengecek kondisi pemukiman warga dari jentik nyamuk DBD. (rud)