HomeBERITAGubernur Jatim Beri 4 PR Besar untuk Bupati Ony Anwar

Gubernur Jatim Beri 4 PR Besar untuk Bupati Ony Anwar

Tingkat pengangguran, angka kemiskinan dan prevalensi stunting yang harus diturunkan, serta meningkatkan IPM, jadi PR dari Gubernur Jatim untuk Bupati Ngawi, Ony Anwar.

NGAWI, SMNNews.co.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengingatkan beberapa pekerjaan rumah yang harus dituntaskan Bupati Ngawi, saat menghadiri serah terima jabatan, Kamis malam (4/3/2021).

Menurut Gubernur Jatim itu, PDRB Ngawi menunjukkan potensi pertanian, kehutanan dan perikanan memegang peran signifikan. Sektor ini bahkan terus bertumbuh positif di masa pandemi, meskipun tipis.

Selain itu, sektor UMKM juga harus diperhatikan sebab di masa depan, perdagangan dunia diprediksi akan dikuasai UMKM dengan model penjualan produk secara e-commerce.

“Di Jatim, sektor UMKM kini menopang perdagangan hingga 57 persen,” ungkap Khofifah.

Khofifah juga menekankan beberapa hal yang harus dituntaskan di Ngawi. Diantaranya, menurunkan tingkat pengangguran yang kini ada di angka 5,44 persen.

Selain itu, perlu upaya nyata menurunkan tingkat kemiskinan yang masih bertengger di angka 15,44 persen, sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) harus meningkat dari angka 70,54 persen.

“Prevalensi stunting di Ngawi pada angka 28,70 persen. Angka itu harus diturunkan agar mendukung terciptanya SDM berkualitas yang mampu berdaya saing tinggi,” ungkap Khofifah.

Mantan Menteri Sosial itu menyatakan, program strategis tengah dilakukan Pemprov Jatim dimana daerah dapat turut berkontribusi. Misalnya pada program pembangunan Selingkar Wilis dan Lawu.

Sedangkan Ony, menegaskan kembali visi misinya untuk mewujudkan masyarakat Ngawi yang mandiri, berakhlak, makmur dan berdaya saing.

“Kami juga akan intensif menyelaraskan antara prioritas pembangunan nasional dengan sistem pembangunan provinsi serta kabupaten,” ungkap Ony Anwar.

Ada lima misi yang dijabarkan Ony Anwar yakni menciptakan SDM berkualitas dan mampu berdaya saing, pengembangan perekonomian kerakyatan melalui kemudahan investasi, peningkatan etos kerja dan integritas ASN serta peningkatan kualitas infrastruktur maupun menjaga kondusifitas daerah. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...