HomeSUARA DAERAHGubernur Jatim Imbau Masyarakat Jatim Hormati Hasil Pemilu

Gubernur Jatim Imbau Masyarakat Jatim Hormati Hasil Pemilu

Gubernur Khofifah menyerahkan potongan pertama tumpeng perayaan ultahnya kepada Wagub Emil.
Surabaya, suaramedianasional.co.id – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menghimbau agar seluruh masyarakat Jatim untuk menghormati  hasil pemilihan umum (pemilu). Karena semua proses demokrasi telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur.
Demikian disampaikan Gubernur Jatim saat Sahur Bersama dengan 200 tukang becak di Gedung Negara Grahadi, Minggu (19/5).
Dijelaskan, KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan merupakan produk DPR yang bertugas menyelenggarakan Pemilu. Dimana, semua mekanisme dilakukan sesuai dengan undang undang tentang pemilu .
Khofifah, menuturkan jenjang rekapitulasi sejak di tingkat TPS hingga provinsi telah berlangsung dan diikuti oleh masing-masing saksi. Sudah sepatutnya setiap pihak menghormati hasil rekapitulasi tersebut.
 “Jadi artinya proses konstitusi itu di Jatim sudah selesai. Proses untuk bisa memberikan apresiasi terhadap seluruh dinamika masing-masing juga selesai. Jadi saya mohon, kita khidmat pada bulan Ramadan, kita maksimalkan ibadah kita di rumah masing-masing, di masjid masing-masing,” imbau Khofifah.
Meski berdalih sebagai kebebasan berpendapat, lanjut Khofifah, sudah sepatutnya kebebasan tersebut masih dalam koridor hukum. Ia pun berharap warga Jatim tetap menempuh jalur sesuai dengan konstitusi negara.
“Konstitusi inilah yang kemudian menjadi sumber tertib sosial, sumber tertib hukum. Jadi kalau kita punya referensi yang itu adalah sumber tertib hukum, konstitusi ini adalah produk dari sebuah lembaga yang juga disepakati dan diangkat dalam proses demokrasi,” tutupnya. (*)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...