HomeSUARA DAERAHGubernur Khofifah Berangkatkan Bus Mudik Gratis Jasa Raharja

Gubernur Khofifah Berangkatkan Bus Mudik Gratis Jasa Raharja

Gubernur Jatim lepas keberangkatan mudik gratis BUMN dari lapangan Kodam V Brawijaya

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan 50 bus mudik gratis yang diselenggarakan oleh PT. Jasa Raharja (Persero), di lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, Jumat(31/05).

Tahun ini, total pemudik yang mengikuti  mudik gratis Jasa Raharja sebanyak 2000 orang, dengan tujuan ke 19 kabupaten/kota di empat provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jatim sendiri.

Turut mendampingi Gubernur Khofifah saat memberangkatkan mudik gratis Jasa Raharja, Pangdam Kodam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, Kapolda Jawa Timur Luki Hermawan, serta  Direktur SDM & Umum PT. Jasa Raharja (Persero) Dewi Aryani Suzana.

Sebelum memberangkatkan bus pemudik, Khofifah sapaan Gubernur Jatim mengingatkan, agar antara penumpang dan driver saling mengingatkan untuk tidak mengebut di jalan. Hal ini penting, karena meskipun ada tol yang bisa mempercepat perjalanan bukan berarti boleh kebut-kebutan.

“Kalau biasanya supir yang perlu diingatkan, kali ini penumpangnya yang ingin cepat-cepat sampai ke kampung halaman, jadi harus saling mengingatkan antara supir dan penumpangnya,” tukas orang nomor satu di Jatim ini.

Khofifah menambahkan, saat meninjau Terminal Purabaya bus yang digunakan rata-rata merupakan bus standar. Sedangkan bus yang digunakan mudik gratis adalah bus standar pariwisata dan sangat eksekutif kelasnya. Selain itu, saat pihaknya melepas mudik gratis lewat kapal ke Masalembu penumpangnya juga sangat senang karena fasilitasnya mewah.

“Artinya layanan terbaiklah yang ingin selalu diberikan untuk pemberian pemenuhan kebutuhan masyarakat. Apalagi, hal ini juga diikuti oleh seluruh stake holder baik BUMN maupun privat sektor,” ungkapnya sembari menyampaikan apresiasi kepada seluruh stake holder yang telah ikut menyiapkan dan melaksanakan program mudik gratis.

Khofifah berpesan, meskipun mudik ini gratis namun harus tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Selain itu, tes urin untuk driver juga dilakukan untuk memastikan bahwa semua driver mampu mengendarai moda transportasi dengan aman.

“Semoga semua pemudik bisa selamat sampai tujuan dan bisa bertemu keluarga tercinta dengan bahagia dan selalu senyum ceria. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur SDM & Umum PT. Jasa Raharja (Persero), Dewi Aryani Suzana menjelaskan Jasa Raharja tahun ini memberangkatkan 40.180 orang pemudik, diantaranya 3.100 ribu moda bus, 2.500 kapal laut, dan sisanya kereta api.

“Sasaran kegiatan mudik gratis Jasa Raharja ini untuk mengalihkan masyarakat yang mudik ke kampung halaman dengan sepeda motor, agar menggunakan bus, serta meminimalisir resiko kecelakaan,” terangnya sembari mengimbuhkan Ini adalah tahun ke 12 Jasa Raharja menyelenggarakan mudik gratis.

Beberapa kabupaten/kota tujuan mudik gratis tersebut antara lain Banyuwangi, Jember, Blitar, Cepu, Tulungagung, Trenggalek, Magetan, Madiun, Magelang, Ponorogo, Pacitan, Solo, Yogyakarta, Semarang, Tegal, Cirebon, Tasikmalaya dan Bandung. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...