HomeSUARA DAERAHGubernur Khofifah Ingatkan Muslimat NU Gunakan Sosmed untuk Kebaikan

Gubernur Khofifah Ingatkan Muslimat NU Gunakan Sosmed untuk Kebaikan

Gubernur Jatim Khofifah Indar Prawansa Hadir Pada Acara Halal Bihalal PC Muslimat NU Di Kab Blitar

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengingatkan kepada seluruh anggota Muslimat NU  agar  menggunakan sosial media (sosmed), untuk hal yang baik (maslahah)  seperti menyebarkan informasi yang benar dan bertujuan positif bagi kebaikan pribadi maupun  bersama . Tidak lupa seperti biasanya khofifah minta agar setiap majelis Muslimat selalu mendo’akan keselamatan bangsa dan negara. Hal ini akan memberi kontribusi besar bagi terjaganya situasi yang aman, danai , dan harmoni di negeri ini.

Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah saat Halal Bihalal Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PCNU) di Pendopo Kanigoro, Kabupaten Blitar, Minggu (7/7) siang.

Dihadapan sekitar lima belas  ribu Muslimat NU yang hadir, orang nomor satu di Jatim ini mengatakan, di era teknologi informasi (TI) sekarang ini, sosmed sangat mudah sekali mempengaruhi perilaku, serta pikiran masyarakat. Hal ini telah dibahasnya bersama Wakil Rektor Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir Al – Syekh Ibrahim, saat berkunjung ke Jatim.

“Syekh Ibrahim yang membidangi pendidikan dan kerjasama luar negeri ini menyampaikan, sosmed mampu memberi pengaruh besar pada pola pikir dan perilaku, seperti intoleransi yang cenderung meningkat, moderasi cenderung turun, dan radikalisme cenderung muncul,” jelasnya.

Karena itu, gubernur wanita pertama di Jatim ini meminta kepada seluruh Muslimat NU agar mampu memfilter informasi yang diterima melalui sosmed, dengan cara tabayyun, alias meneliti kebenaran berita tersebut, jika informasi tersebut benar dan dinilai bermanfaat, maka dapat diteruskan ke orang lain. Hal ini akan mendatangkan manfaat alias maslahah.

“Jadi, panjenengan piyambak ingkang saged memfilter. Berhati-hatilah terhadap berita palsu alias hoax, apalagi yang bersifat memfitnah, jangan langsung dishare, harus tabayyun terlebih dahulu,” ujar wanita yang juga menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU) ini.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial RI ini menambahkan, banyak hal yang maslahah yang bisa dilakukan lewat sosmed. Salah satunya, membuat grup Whatsapp (WA) untuk mempercepat koordinasi dan kerjasama dengan seluruh anggota muslimat, maupun meningkatkan kualitas ibadah.

“Contohnya, grup WA untuk khataman Al Qur’an misalnya  one day one juz, alias satu hari membaca satu juz, jadi satu hari kita saling melaporkan, dan memberi semangat kepada sesama anggota di grup tentang kegiatan menyelesaikan membaca satu juz Al-Qur’an. Atau jika sibuk, bisa one week, one juz, ini lebih baik daripada tidak membaca sama sekali,” tambahnya.

Dalam sambutannya, Ketua PC Muslimat NU Kab. Blitar, Masluchi Saifullah mengatakan, selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini bertujuan untuk tasyakuran atas terpilihnya PC Muslimat NU Kab. Blitar sebagai PC Muslimat NU terbaik se-Jatim dalam pagelaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Award Tahun 2019.

“Ini semua berkat doa restu, dukungan, ikhtiar dan kerja keras dari panjenengan semua, mulai anak ranting sampai pengurus cabang, bahkan bapak bupati pun turut mendukung kami untuk maju,” katanya sembari menambahkan, prestasi tersebut karena Muslimat PC NU Kab. Blitar sangat bersemangat mengembangkan dan memajukan organisasi.

Ketua PC Muslimat NU Masluchi menambahkan, meski dengan keterbatasan kemampuan dan ilmu yang dimiliki, namun pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta meningkatkan kapasitas di dalam bidang ilmu pengetahuan, dan bidang ibadah, khususnya kepada seluruh anggota ranting yang ada di pelosok.

“Salah satu upaya tersebut, kami telah menerbitkan sebuah buku berjudul risalah shalat, ini nanti kita bagikan kepada undangan yang hadir,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Bupati Blitar, Riyanto, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono, para kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, para kepala OPD di lingkup Pemkab Blitar, ribuan anggota PC Muslimat NU kabupaten/kota se-Jatim, serta masyarakat sekitar. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...