HomeJAWA TIMURMOJOKERTOGubernur Khofifah Jajaki Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Energi Listrik

Gubernur Khofifah Jajaki Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Energi Listrik

Gubernur Khofifah melihat fasilitas pabrik PT. Mega Surya Eratama dalam mengolah limbah sampah

Mojokerto, suaramedianasional.co.id Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan penjajakan pengolahan dan pemanfaatan sampah plastik menjadi energi listrik. Hal ini dilakukan untuk mendukung rencana perwujudan ketersediaan renewable energy di Jatim pada tahun 2025 bisa mencapai 16,8%.

“Secara nasional pak Presiden minta kita melakukan pemetaan sampah menjadi energi listrik. Karenanya perancangan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) sedang dibahas di DPRD dengan target renewable energy di Jatim tahun 2025 mencapai 16,8%,” urai Khofifah sapaan akrab  Gubernur Jatim saat melakukan kunjungan kerja di pabrik kertas PT. Mega Surya Eratama, Kab. Mojokerto, Senin(15/7).

Khofifah menjelaskan, permasalahan sampah khususnya sampah plastik di Indonesia termasuk 5 besar di dunia. Oleh sebab itu berbagai inisiasi pengolahan sampah tengah digalakkan. Untuk sampah basah misalnya, telah diinisiasi oleh Surabaya dan Lamongan. Sedangkan di Mojokerto diinisiasi sampah plastik . Harapannya, berbagai inisiasi pengolahan sampah ini bisa memperbanyak keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

“Pada kunjungan hari ini kita melihat bahwa ternyata sampah plastik bisa dikelola menjadi energi listrik, dan rencananya awal Agustus akan mulai dioperasikan. Pabrik ini juga merupakan inisiator pertama di Jatim untuk pengolahan sampah plastik,” tukas gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Ditambahkan, pihaknya juga telah membahas  pengembangannya dengan pemilik pabrik untuk selanjutnya  mengkomunikasikan dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Hal ini penting dilakukan, karena ITS sebelumnya telah memiliki teknologi pengolahan sampah basah menjadi energi listrik.

“Kalau ITS bisa menyiapkan secara masif teknologi pengolahan sampah plastik menjadi listrik, maka harga  mesin pengolah sampah plastik menjadi listrik bisa lebih murah dan mudah aksesnya,” tutur Khofifah sembari mengimbuhkan ini bisa menjadi salah satu solusi atas berbagai problem pengolahan sampah tidak hanya di Jatim tapi juga Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini Kementrian ESDM dan BPPT tengah menyiapkan proses pengelolaan dan penanganan sampah. Proses tersebut dibagi dalam 3 varian yakni  sampah reduce, recycle dan reuse. 

“Dari varian-varian itu khusus Jatim kita ingin melakukan akselerasi terutama untuk mengubah sampah menjadi energi listrik sehingga  menjadi opsi penyiapan renewable energy atau energi non fosil,” terang orang nomor satu di Jatim ini.

 

Industri Kertas di Jatim Sebagian Besar Berbahan Kertas Bekas

Pada kesempatan yang sama,  Khofifah menjelaskan bahwa sebagian  besar pabrik kertas di Jatim menggunakan bahan baku kertas bekas/waste paper, termasuk PT. Mega Surya Eratama. Disamping itu, pabrik kertas di Jatim termasuk 5 besar pengekspor terbesar dan menyumbang 23% industri kertas nasional.

“Persoalannya ketika sampah kertas diimpor maka akan ada ikutan sampah plastiknya. Namun demikian, berdasarkan Permendag 31 tahun 2016 maupun Konvensi Basel mei 2019  impor kertas bekas diperbolehkan,” terangnya.

Terkait PT. Mega Surya Eratama, lanjutnya merupakan salah satu pabrik kertas yang berbahan dasar 100% kertas bekas. Berdasarkan informasi yang diperoleh per 20 Juni lalu sampah kertas yang diimpor harus di reekspor. Terdapat sekitar 305 kontainer yang tertahan di Tanjung Perak dan berpotensi untuk di reekspor.

“Akibat permasalahan itu, bahan baku pabrik ini hanya akan cukup 10 hari kedepan. Karenanya, kami akan mengkoordinasikan dengan Kementrian LHK dan Kementrian Perindustrian,” tukas Khofifah sembari menjelaskan supply kertas bekas dalam negeri  di pabrik ini hanya sekitar 20% dan 80% nya impor.

Khofifah menambahkan, opsi bahan baku kertas selain kertas bekas  yakni menggunakan pulp. Akan tetapi, penggunaan pulp bisa menyebabkan penebangan kayu di hutan secara masif. Oleh sebab itu, solusi supaya pabrik kertas Indonesia khususnya di Jatim yang berbahan baku pabrik kertas bekas  harus segera dicari solusinya.

“Solusi masalah ini harus segera dicari, agar pabrik kertas bisa terus beroperasi dan mampu bersaing dengan negara-negara lain,” pungkasnya.

 

Mampu Hasilkan Energi Listrik 7,5 MW

Sementara itu, General Manager Project PLTSa PT. Mega Surya Eratama Eric Saputra mengatakan, bahwa pengolahan sampah plastik yang dikelolanya mampu menghasilkan energi listrik sebesar 7,5 Megawatt. Saat ini, listrik tersebut digunakan untuk mensuplai kebutuhan internal pabriknya.

“Bahan utamanya yaitu sampah plastik   yang berasal dari kami sendiri. Dalam satu bulan sampah yang diimpor sekitar 4 sampai 5 ribu ton, dan setelah disortir menghasilkan 10 ton plastik per hari,” ujar Eric sembari menjelaskan bahwa mesin Pyrolisis yang mereka miliki mampu mengolah 15 ton sampah plastik per hari.

Turut mendampingi pada kunjungan tersebut, antara lain Plt. Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Kadis Lingkungan Hidup Prov. Jatim, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jatim, Kepala Badan Penanaman Modal Prov. Jatim, serta kepala OPD di lingkup Pemkab Majokerto. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polsek Doko Laksanakan Giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan

BLITAR, SMNNews.co.id - Polsek Doko melaksanakan giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Jumat (19/04/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas...

Kapolsek Larangan dan Anggota Datangi TKP Dugaan Seseorang Bunuh Diri

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kapolsek Larangan Iptu Kadarisman, bersama anggotanya mendatangi TKP dugaan seseorang bunuh diri di Dsn. Kendal Ds. Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan,...

Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Blitar Tanggapi 3 Ranperda Usulan Bupati Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar menanggapi 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Bupati. Tanggapan itu dikemas dalam Rapat Paripurna dengan agenda...