HomeSUARA DAERAHGubernur Khofifah Serahkan Bantuan Tangan Palsu Pada Widji Fitriani

Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan Tangan Palsu Pada Widji Fitriani

Gubernur Berikan Tangan Palsu Pada Widji Fitriani dan Serahkan Bantuan PKH Plus di Desa Ngadi Kec. Mojo Kab. Kediri

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan berupa tangan palsu atau biasa disebut protesa pada Widji Fitriani, gadis penderita schizoprenia yang memiliki kebiasaan menggigiti anggota tubuhnya. Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Khofifah di rumah gadis yang biasa disapa Fitri tersebut di Desa Ngadi, Kec. Mojo, Kab. Kediri, Minggu(21/7).

Khofifah sapaan akrab Gubernur Jatim ini mengisahkan, sejak menerima informasi dari media beberapa waktu lalu terkait Fitri pihaknya langsung bertindak cepat. Diantaranya  dengan meminta pada Dinkes Jatim dan Dinsos Jatim untuk melakukan penjangkauan serta kordinasi dengan dinkes dan dinsos kabupaten kediri untuk penanganan  lebih jauh.

“Lewat informasi media beberapa waktu lalu saya langsung meminta kepada Kadinkes dan Kadinsos untuk melakukan pengecekan, dan kordinasi dengan pemkab Kediri untuk  diambil keputusan penangan lanjut antara lain  untuk diberikan psikososial terapi dan tindakan lainnya,” ungkapnya.

Dijelaskan, psikososial terapi kepada Fitri dilaksanakan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya. Bahkan, Khofifah menyempatkan diri untuk menjengk Fitri saat dirawat di RSJ Menur Surabaya. Selain itu, terdapat juga tindakan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Haji Surabaya dan Rumah Sakit Dr. Soetomo.

“Jadi sebetulnya penanganan Fitri berada pada rumah sakit yang terintegrasi di dalam koordinasi Pemprov Jatim,” terang gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Orang nomor satu di Jatim ini menambahkan, selama Fitri di rawat secara intensif di RSJ Menur, pihaknya terus melakukan monitoring. Lewat monitoring ini, akhirnya diputuskan oleh tim dokter bahwa Fitri bisa kembali pada keluarga. Apalagi, Fitri sudah seringkali meminta untuk segera bertemu dengan sang nenek.

“Setelah perawatan ini, dibutuhkan proses selanjutnya yakni penyiapan protesi tangan ini. Saya rasa protesi yang dibuat sudah sangat advance,” ujar Khofifah sembari meminta kepada warga masyarakat sekitar bisa saling tolong menolong kepada keluarga Fitri.

Khofifah berharap, Puskesmas terdekat terus memberikan pelayanan kepada Fitri untuk after carenya. Hal ini penting dilakukan, sebagai bentuk ikhtiar bersama dan support kepada Fitri agar bisa kembali berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

“Saya rasa psikososial terapi yang diberikan telah mampu memberikan efek sangat besar, selanjutnya monitoring dan perawatan aftercare harus bisa diberikan oleh Puskesmas terdekat dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK),” tegas Khofifah yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Sosial ini.

Sementara itu, suasana haru terlihat begitu terasa bahkan isak tangis Fitri seketika pecah saat  Gubernur Khofifah memasangkan langsung protesa tangan palsu di tangannya. Ftri yang saat itu didampingi neneknya, seketika memeluk Gubernur Khofifah dan mengucapkan terimakasih. “Terimakasih, terimakasih Ibu Khofifah, maafkan saya selama ini,” ucap Fitri dengan terbata-bata.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga menyalurkan secara langsung bantuan berupa Jaminan Sosial Lanjut Usia (PKH plus), serta sembako pada para dhuafa setempat. Pihaknya berpesan, pada penerima PKH plus untuk bisa menggunakan bantuan ini secara bijak dan sesuai kebutuhan

“Monggo bisa diambil semuanya, namun demikian saya mengajak agar bisa menggunakan dengan bijak dan bisa mengambil sesuai kebutuhan,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menyampaikan, berkat koordinasi dan kerjasama yang intensif antara Pemprov Jatim dan Pemkab Kediri perawatan pada Fitri bisa dilakukan optimal. Bahkan, saat ini kondisinya sudah menunjukkan perubahan yang sangat baik.

“Sekali lagi kami sampaikan terimakasih kepada ibu Gubernur dan tim atas bantuan sosial dan program penanggulangan kemiskinan lainnya yang diberikan kepada Kab. Kediri,” ujarnya.

Turut mendampingi pada kegiatan tersebut, antara lain Kepala Dinkes Prov. Jatim, Kepala Dinsos Prov. Jatim, kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, serta 100 orang penerima bantuan PKH Plus. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...

Pipa PDAM Kota Malang Bocor dan Buat Jalan Ambrol, Satu Mobil Terperosok!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id – Pipa PDAM yang terletak di perempatan Ranugrati Kota Malang jebol dan membuat jalan aspalnya ambrol. Hal ini menyebabkan satu mobil terperosok...