HomeSUARA DAERAHGubernur Khofifah Sidak Harga Bahan Pokok di Pasar Wadung Asri

Gubernur Khofifah Sidak Harga Bahan Pokok di Pasar Wadung Asri

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Melakukan Kunjungan Serta Mengecek Harga Daging Sapi dan Ayam Di Pasar Wadung Asri.

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Jelang memasuki bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M yang tinggal beberapa hari lagi, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi mendadak (sidak) perkembangan harga bahan pokok di Pasar Wadungasri, Jl. Raya Kundi, Kundi, Kepuhkiriman, Waru, Kab. Sidoarjo, Rabu (1/5) pagi.

Dari hasil sidak tersebut, Gubernur Khofifah menemukan fakta beberapa harga bahan pokok mengalami kenaikan. Diantaranya, bawang putih dari harga Rp. 20.000,- 25.000,-/kg, ke harga Rp. 48.000,- 50.000,-/kg. Kemudian, daging ayam dari harga eceran tertinggi (HET) Rp. 32.000,-/kg ke harga Rp. 33.000,-/kg. Lalu gula dari harga Rp. 11.500,- 12.000,-/kg naik menjadi Rp 12.500,-/kg.

Menurut orang nomor satu di Jatim ini, kenaikan harga bawnag putih yang siginifikan karena komoditi ini cukup langka, sementara supply-nya kurang. Jadi, pemerintah akan melakukan impor bawang putih, direncanakan impor tersebut akan masuk ke Tanjung Perak pada tanggal 10 Mei, lalu pada 15 Mei sudah bisa masuk ke pasar, sehingga harganya bisa kembali normal.

“Yang masuk ke Jawa Timur, itu 15 ribu ton, ini cukup untuk kebutuhan selama tiga bulan. Sebab kebutuhan bawang putih di Jawa Timur sekitar 4.960 ton per bulan,” katanya sembari menambahkan, permintaan atau demand bawang putih menjadi tinggi karena komoditi ini merupakan bagian dari signifikan rasa atau taste makanan.

Gubernur wanita pertama di Jatim ini menambahkan, perkembangan bahan pokok lain cenderung stabil, bahkan ada yang mengalami penurunan. Komoditi yang harganya stabil adalah daging, contohnya daging frozen kualitas bagus yang harganya stabil di Rp. 80.000,- /kg. Kemudian bahan pokok yang harganya turun adalah beras.

“Kalau bawang merah ada kenaikan, tapi hari ini supply dari Probolinggo sudah dianggap cukup, telur juga ada sedikit kenaikan. Sementara harga daging Alhamdullllah normal,” ujarnya seraya mengimbuhkan, secara keseluruhan atau over all, meskipun permintaan atau demand-nya tinggi, tapi pasokan atau supply bahan pokok sudah cukup

Agar harga-harga bahan pokok ini tetap terkendali, Gubernur Khofifah berkomitmen untuk terus memonitor perkembangan harga melalui Disperindag Jatim, serta berkoordinasi dengan Bulog Jatim untuk update harga menjelang puasa, saat puasa, dan menjelang lebaran. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polda Jatim untuk memastikan pasokan aman dan tidak ada penimbunan.

“Besok kami juga akan melakukan rapat koordinasi bersama Bulog, Polda dan BI, untuk membahas bersama beberapa item bahan pokok dan barang-barang yang sekarang ini mengalami kelangkaan seperti bawang putih,” pungkasnya. (Humasjatimprov: adit)

 

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...